Kompas.com - 11/08/2022, 20:54 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Dapur adalah lokasi favorit lalat di rumah. Sebab, lalat tertarik pada buah dan sayuran yang membusuk hingga sampah dapur yang tidak langsung dibuang ke luar.

"Lalat tertarik pada buah dan sayuran yang membusuk, daging yang membusuk, dan bahan lain apa pun yang dapat mereka temukan di sekitar bak cuci piring atau tempat sampah Anda,” kata Chelle Hartzer, ahli entomologi di Orkin, dikutip dari The Kitchn, Kamis (11/8/2022).

Meskipun sebagian besar lalat tidak menggigit, mereka dapat membawa bakteri seperti E. coli dan salmonella dari satu tempat ke tempat lain, mencemari makanan dan berpotensi membuat Anda sakit.

Baca juga: 4 Kebiasaan yang Memicu Banyak Lalat Buah di Dapur

Namun, jangan khawatir. Berikut beberapa cara mengusir lalat di dapur dengan mudah.

Ilustrasi membersihkan dapur. SHUTTERSTOCK/AFRICA STUDIO Ilustrasi membersihkan dapur.

1. Membersihkan dapur

Sanitasi adalah cara nomor satu untuk mengurangi segala jenis serangga di dapur, terutama lalat. Karena lalat menyukai berbagai jenis makanan, segala jenis remah atau tumpahan adalah permainan yang adil bagi mereka.

Pastikan untuk membersihkan meja dapur setelah menyiapkan makanan dan saat kotor.

2. Buang sampah

Selain remah-remah dan tumpahan, tempat sampah adalah lokasi yang bagus untuk lalat berkembang biak. Maka, rutinlah mengosongkan tempat sampah di dapur.

Baca juga: Cara Ampuh Mengusir Lalat di Rumah

Jangan menunggu sampai tercium bau tidak sedap. Anda akan menarik lebih sedikit lalat dan menyingkirkan area di mana mereka mungkin bertelur.

3. Jauhkan lalat

Lalat jelas harus masuk ke rumah entah bagaimana untuk memulai. Pastikan Anda memiliki tirai di jendela dan tutup pintu luar sebanyak mungkin untuk mencegah lalat masuk.

Halaman:
Sumber The Kitchn


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.