Kompas.com - 09/08/2022, 12:04 WIB

KOMPAS.com - Singkong atau ubi kayu atau ketela pohon adalah tanaman palawija yang banyak dibudidayakan di Indonesia. Cara tanam singkong yang relatif mudah membuat banyak orang membudidayakan tanaman ini.

Meskipun demikian, singkong harus ditanam pada iklim yang optimal agar hasilnya melimpah. Adapun syarat tumbuh tanaman singkong, seperti berikut. 

  • Intensitas hujan 150-200 mm saat umur tanaman 1-3 bulan, 250-300 mm saat umur tanaman 4-7 bulan, serta memerlukan curah hujan sekitar 100-150 mm saat singkong memasuki fase menjelang panen dan panen.

Ilustrasi singkong yang belum terlalu tua. PEXELS/ Daniel Dan Ilustrasi singkong yang belum terlalu tua.

  • Suhu udara minimal 10 derajat Celcius. Suhu di bawah 10 derajat Celcius dapat menyebabkan pertumbuhan terhambat dan tanaman menjadi lebih kecil.
  • Kelembapan udara sekitar 60-65 persen. 
  • Intensitas sinar matahari sekitar 10 jam per hari.

Baca juga: 4 Ciri-ciri Tanaman Singkong, dari Batang sampai Umbi

Jika syarat tumbuh tanaman terpenuhi, maka budidaya singkong menjadi lebih optimal. Adapun cara budidaya tanaman singkong menurut keterangan di Cybext Kementerian Pertanian, seperti berikut.

1. Mengolah lahan

Lahan yang cocok untuk menanam singkong yaitu tanah dengan struktur gembur, remah, tidak terlalu poros, dan mengandung bahan organik.

Tanah yang berstruktur remah mempunyai udara dan unsur hara yang menunjang pertumbuhan tanaman singkong.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.