Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ketahui, Ini Ciri-ciri Tanaman Kedelai, dari Akar sampai Biji

Kompas.com - 08/08/2022, 10:08 WIB
Siti Nur Aeni ,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kedelai adalah tanaman palawija yang banyak dibudidayakan petani Indonesia. Jika dilihat sekilas, ciri-ciri kedelai tak berbeda jauh dengan tanaman kacang-kacangan lainnya.

Padahal, tanaman kedelai memiliki morfologi khusus yang membedakannya dengan jenis tanaman lain. Kedelai atau Glycine max, memiliki susunan tubuh yang lengkap dari akar, batang, daun, bunga, hingga biji.

Mengutip dari buku Ensiklopedi Kedelai: Deskripsi, Filosofi, Manfaat, Budidaya, dan Peluang Bisnisnya, Senin (8/8/2022), berikut sejumlah ciri-ciri tanaman kedelai, dari akar hingga bijinya.

Baca juga: 3 Jenis Tanaman Palawija yang Banyak Dibudidayakan Petani

Akar kedelai

Tanaman kedelaiPixabay/jcesar2015 Tanaman kedelai

Akar kedelai akan muncul dari belahan kulit biji sekitar mesofil. Bakal akar tumbuh dengan cepat ke dalam tanah.

Sementara itu, kotideon kedelai yang terdiri atas dua keping akan terangkat ke permukaan tanah karena hipokotil tumbuh dengan cepat.

Sistem perakaran kedelai terbagi atas dua jenis, yaitu akar tunggang dan serabut yang tumbuh dari akar tunggang.

Pertumbuhan akar tunggang bisa mencapai dua meter atau lebih pada kondisi lahan optimal (tanpa genangan). Meski demikian, kedelai juga sering membentuk akar adventif yang ada di bawah hipokotil.

Akar adventif biasanya muncul saat ada cekaman seperti kadar air yang terlalu tinggi. Perkembangan akar tanaman kedelai dipengaruhi kondisi fisik tanah, kimia tanah, jenis tanah, cara pengolahan, kecukupan hara, dan ketersediaan air.

Baca juga: 7 Cara Menanam Kacang Hijau di Lahan Kering

Batang tanaman kedelai

Hipokotil pada perkecambahan kedelai merupakan bagian batang, dari panggal akar sampai kotiledon. Hipokotil dan dua keping kotiledon akan menembus permukaan tanah dan tumbuh menjadi batang.

Bagian batang kecambah yang ada di atas kotiledon disebut epikotil. Kedelai termasuk tanaman berbatang semak dengan tinggi batang sekitar 30-100 sentimeter. 

Ciri-ciri tanaman berbatang semak, antara lain mempunyai banyak cabang dan tinggi lebih rendah, batang memiliki tekstur lembut dan berwarna hijau, serta pertumbuhannya cepat.

Baca juga: Cara Menanam Kacang Hijau di Kapas agar Cepat Tumbuh

Hipokotil pada setiap batang akan membentuk tiga sampai enam cabang. Pertumbuhan batang kedelai dibedakan menjadi dua tipe, yaitu determinate dan indeterminate.

Perbedaan tersebut berdasarkan atas keberadaan bunga di pucuk batang. Pada tipe determinate, batang tidak akan tumbuh lagi saat tanaman kedelai mulai berbunga.

Sedangkan, pada tipe indeterminate, pucuk batang masih bisa tumbuh daun walau tanaman sudah berbunga.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com