Kompas.com - 08/08/2022, 10:08 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kedelai adalah tanaman palawija yang banyak dibudidayakan petani Indonesia. Jika dilihat sekilas, ciri-ciri kedelai tak berbeda jauh dengan tanaman kacang-kacangan lainnya.

Padahal, tanaman kedelai memiliki morfologi khusus yang membedakannya dengan jenis tanaman lain. Kedelai atau Glycine max, memiliki susunan tubuh yang lengkap dari akar, batang, daun, bunga, hingga biji.

Mengutip dari buku Ensiklopedi Kedelai: Deskripsi, Filosofi, Manfaat, Budidaya, dan Peluang Bisnisnya, Senin (8/8/2022), berikut sejumlah ciri-ciri tanaman kedelai, dari akar hingga bijinya.

Baca juga: 3 Jenis Tanaman Palawija yang Banyak Dibudidayakan Petani

Akar kedelai

Tanaman kedelaiPixabay/jcesar2015 Tanaman kedelai

Akar kedelai akan muncul dari belahan kulit biji sekitar mesofil. Bakal akar tumbuh dengan cepat ke dalam tanah.

Sementara itu, kotideon kedelai yang terdiri atas dua keping akan terangkat ke permukaan tanah karena hipokotil tumbuh dengan cepat.

Sistem perakaran kedelai terbagi atas dua jenis, yaitu akar tunggang dan serabut yang tumbuh dari akar tunggang.

Pertumbuhan akar tunggang bisa mencapai dua meter atau lebih pada kondisi lahan optimal (tanpa genangan). Meski demikian, kedelai juga sering membentuk akar adventif yang ada di bawah hipokotil.

Akar adventif biasanya muncul saat ada cekaman seperti kadar air yang terlalu tinggi. Perkembangan akar tanaman kedelai dipengaruhi kondisi fisik tanah, kimia tanah, jenis tanah, cara pengolahan, kecukupan hara, dan ketersediaan air.

Baca juga: 7 Cara Menanam Kacang Hijau di Lahan Kering

Batang tanaman kedelai

Hipokotil pada perkecambahan kedelai merupakan bagian batang, dari panggal akar sampai kotiledon. Hipokotil dan dua keping kotiledon akan menembus permukaan tanah dan tumbuh menjadi batang.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.