Kompas.com - 08/08/2022, 08:28 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Karpet merupakan salah satu item dekorasi yang dapat mempercantik, menghangatkan, serta menglengkapi rumah.

Karpet juga dapat menghidupkan kembali dan melembutkan ruangan yang membosankan dengan seketika. Namun, hal itu sangat bergantung pada kualitas karpet yang dipilih. 

Baca juga: Karpet Polos Vs Berpola, Mana yang Lebih Baik untuk Dipilih?

Karpet berkualitas baik tidak hanya memberikan estetika besar pada rumah, tetapi juga daya tahan lebih lama. Sebaliknya, karpet yang kurang berkualitas hanya bisa mempercantik rumah, tapi tidak untuk ketahanan. 

Namun, memilih karpet yang berkualitas dan tepat bisa menjadi sebuah tantangan besar lantaran ada banyak pilihan yang tersedia.

Untuk memudahkan, berikut cara memilih karpet berkualitas dan terbaik untuk rumah dikutip dari My Decorative, Senin (8/8/2022). 

Baca juga: 6 Tips Memilih Karpet yang Tepat untuk Kamar Tidur Anak

Jenis karpet 

Ilustrasi ruang keluarga, Ilustrasi karpet di ruang keluarga. Unsplash/Sidekix Media Ilustrasi ruang keluarga, Ilustrasi karpet di ruang keluarga.
Karpet dapat dibuat dari serat alami dan serat buatan dengan wol, nilon, poliester, dan polypropylene yang paling umum.

Karpet nilon adalah pilihan populer karena ketahanan noda dan abrasi yang unggul. Poliester adalah jenis karpet yang tahan banting dan mempertahankan warnanya lebih baik daripada kebanyakan karpet lainnya.

Polypropylene adalah pengganti sintetis yang sangat baik untuk wol alami karena kelembutan serta ketahanan nodanya.

Wol adalah serat alami yang mewah, tetapi membutuhkan perawatan lebih dari semua jenis karpet lainnya. Cara memilih karpet berkualitas pada akhirnya akan bergantung pada kebutuhan, keinginan, dan budjet yang dimiliki. 

Baca juga: 4 Penyebab Karpet Berbau Tak Sedap 

Biaya 

Meski ada begitu banyak pilihan karpet, jenis karpet yang diinginkan akan tergantung pada anggaran Anda. Sebagai aturan umum, serat alami lebih mahal daripada serat sintetis dan membutuhkan lebih banyak perawatan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.