Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berapa Lama Usia Hidup Kucing? Ini Ragam Faktor yang Mempengaruhinya

Kompas.com - 28/07/2022, 12:32 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kucing telah menjadi hewan peliharaan sejak ribuan tahun. Dahulu, kucing berasal dari negara-negara Timur Tengah yang telah dijinakkan dari kucing liar untuk membantu mengendalikan populasi hewan pengerat seperti tikus

Kucing-kucing ini kemudian menyebar ke seluruh dunia sebagai hewan peliharaan, hingga akhirnya banyak dibiakkan secara selektif untuk ciri-ciri tertentu sehingga menciptakan ras kucing berbeda.  

Baca juga: Menggemaskan, Ini 5 Ras Kucing Abu-abu Berwajah Bulat

Banyak pemilik kucing menjaga betul kesehatan, perawatan, dan nutrisi yang dibutuhan hewan peliharaan mereka. Hal ini tak lain karena ingin kucing peliharaan tetap sehat dan berumur panjang. 

Tak heran, banyak pemilik kucing ingin mengetahui berapa lama kucing hidup. Informasi tersebut guna membantu perencanaan praktis dan kesiapan emosional. 

Harapan hidup atau usia hidup kucing bisa bervariasi. Namun, dilansir dari PETMD, Kamis (28/7/2022), kebanyakan kucing memiliki harapan hidup rata-rata 10-15 tahun.

Baca juga: 7 Ras Kucing Asal Rusia, Penampilannya Mengagumkan

Akan tetapi, kucing yang menghabiskan banyak waktu di luar ruangan tanpa pengawasan seperti kucing liar cenderung bertahan hidup hingga usia sekitar tujuh tahun.

Sementara itu, kucing yang hanya berada di dalam ruangan diperkirakan dapat hidup hingga usia 14 tahun. Bahkan ada beberapa kucing yang bisa hidup sampai 20 tahunan. Usia hidup kucing ini cenderung lebih lama dibanding anjing peliharaan. 

Baca juga: 5 Fakta Menarik Kucing Himalaya, Berbulu Lebat dan Sulit Lompat 

Dari ras sampai gaya hidup

Ilustrasi kucing Chartreux.SHUTTERSTOCK / Giorgio F Ilustrasi kucing Chartreux.
Ada banyak faktor yang berperan dalam menentukan berapa lama kucing hidup, di antaranya ras kucing, penyakit, nutrisi, gaya hidup, perawatan yang diperolehnya, sampai kecelakaan.

Beberapa ras kucing diketahui sering hidup lebih lama daripada ras lain. Misalnya, dikutip dari The Spruce Pets, kucing Siam dan Manx adalah dua ras kucing yang sering hidup lebih lama daripada ras lain. 

Namun, ras kucing lain telah tercatat dapat bertahan hidup sampai usia 20-an, bahkan 30-an. Baik ras kucing campuran maupun ras campuran domestik memiliki potensi untuk melampaui umur rata-rata spesies tersebut.  

Baca juga: Kenali, Ini 8 Ras Kucing Abu-abu yang Unik dan Menggemaskan

Faktor lain adalah nutrisi kucing. Tentu saja, kucing peliharaan yang tidak mendapat nutrisi sehat dapat mengalami masalah kesehatan.

Parasit dan penyakit juga dapat mempengaruhi kesehatan kucing. Beberapa penyakit memiliki efek jangka panjang pada kucing dan dapat memperpendek usia hidup kucing

Genetika yang buruk, kucing dengan kekebalan terganggu, dan kucing yang memiliki fungsi organ terganggu tidak dapat bertahan hidup lebih lama dibanding kucing yang sehat. 

Baca juga: 10 Ras Kucing Ini Akur dengan Anjing, Cocok Dipelihara Bersama

Ilustrasi kucing, Ilustrasi kucing ke dokter hewan.aShutterstock/AnnaStills Ilustrasi kucing, Ilustrasi kucing ke dokter hewan.a
Gaya hidup kucing juga turut mempengaruhi berapa lama kucing hidup. Contohnya, kucing liar berisiko jauh lebih tinggi memiliki usia hidup kucing yang pendek dibanding kucing peliharaan atau dalam ruangan.

Beberapa risiko yang mempengaruhi usia hidup kucing liar seperti tertabrak kendaraan, terluka oleh hewan liar, memakan makanan tidak sehat dan racun, serta terkena berbagai parasit dan penyakit.

Baca juga: Ketahui, Ini 7 Penyebab Kucing Marah 

Sebaliknya, kucing dalam ruangan tidak terkena banyak risiko karena berada di dalam rumah yang aman. Kucing peliharaan tidak terancam hewan liar dan tertabrak kendaraan, pola makan terkontrol, serta risiko terpapar racun, parasit, dan penyakit berkurang.

Ditambah, kucing peliharaan mendapat vaksinasi lengkap, sudah disteril, serta menggunakan obat pencegahan, yang akhirnya membuat usia hidup kucing rumahan lebih lama daripada kucing liar. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com