Kompas.com - 28/07/2022, 12:32 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kucing telah menjadi hewan peliharaan sejak ribuan tahun. Dahulu, kucing berasal dari negara-negara Timur Tengah yang telah dijinakkan dari kucing liar untuk membantu mengendalikan populasi hewan pengerat seperti tikus

Kucing-kucing ini kemudian menyebar ke seluruh dunia sebagai hewan peliharaan, hingga akhirnya banyak dibiakkan secara selektif untuk ciri-ciri tertentu sehingga menciptakan ras kucing berbeda.  

Baca juga: Menggemaskan, Ini 5 Ras Kucing Abu-abu Berwajah Bulat

Banyak pemilik kucing menjaga betul kesehatan, perawatan, dan nutrisi yang dibutuhan hewan peliharaan mereka. Hal ini tak lain karena ingin kucing peliharaan tetap sehat dan berumur panjang. 

Tak heran, banyak pemilik kucing ingin mengetahui berapa lama kucing hidup. Informasi tersebut guna membantu perencanaan praktis dan kesiapan emosional. 

Harapan hidup atau usia hidup kucing bisa bervariasi. Namun, dilansir dari PETMD, Kamis (28/7/2022), kebanyakan kucing memiliki harapan hidup rata-rata 10-15 tahun.

Baca juga: 7 Ras Kucing Asal Rusia, Penampilannya Mengagumkan

Akan tetapi, kucing yang menghabiskan banyak waktu di luar ruangan tanpa pengawasan seperti kucing liar cenderung bertahan hidup hingga usia sekitar tujuh tahun.

Sementara itu, kucing yang hanya berada di dalam ruangan diperkirakan dapat hidup hingga usia 14 tahun. Bahkan ada beberapa kucing yang bisa hidup sampai 20 tahunan. Usia hidup kucing ini cenderung lebih lama dibanding anjing peliharaan. 

Baca juga: 5 Fakta Menarik Kucing Himalaya, Berbulu Lebat dan Sulit Lompat 

Dari ras sampai gaya hidup

Ilustrasi kucing Chartreux.SHUTTERSTOCK / Giorgio F Ilustrasi kucing Chartreux.
Ada banyak faktor yang berperan dalam menentukan berapa lama kucing hidup, di antaranya ras kucing, penyakit, nutrisi, gaya hidup, perawatan yang diperolehnya, sampai kecelakaan.

Beberapa ras kucing diketahui sering hidup lebih lama daripada ras lain. Misalnya, dikutip dari The Spruce Pets, kucing Siam dan Manx adalah dua ras kucing yang sering hidup lebih lama daripada ras lain. 

Namun, ras kucing lain telah tercatat dapat bertahan hidup sampai usia 20-an, bahkan 30-an. Baik ras kucing campuran maupun ras campuran domestik memiliki potensi untuk melampaui umur rata-rata spesies tersebut.  

Baca juga: Kenali, Ini 8 Ras Kucing Abu-abu yang Unik dan Menggemaskan

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.