Kompas.com - 26/07/2022, 18:52 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Mengetahui jenis kelamin hewan tidaklah mudah, termasuk burung peliharaan. Pasalnya, burung jantan maupun betina memiliki tampilan yang sama seperti warna bulu, wajah, dan bentuk tubuh. 

Bahkan, meski telah lama memelihara burung, cara mengetahui jenis kelamin burung antara burung jantan dan betina membutuhkan pengamatan tajam dan mendetail.

Namun, dilansir dari The Spruce, Selasa (26/7/2022), ada beberapa cara mengetahui jenis kelamin burung seperti dari penampilan dan perilaku sebagai berikut ini. 

Baca juga: Simak, Ini 5 Cara Mencegah Rasa Bosan pada Burung Peliharaan

Perbedaan jenis kelamin burung berdasarkan penampilan

ilustrasi burung kutilang Gouldian. Burung di dekat khatulistiwa lebih berwarna.Unsplash/David Clode ilustrasi burung kutilang Gouldian. Burung di dekat khatulistiwa lebih berwarna.
Banyak spesies burung yang menunjukkan perbedaan antara burung jantan dan burung betina. Dalam kebanyakan kasus, burung jantan memiliki warna bulu lebih cerah dan berani sebagai cara menarik pasangan.

Burung betina biasanya lebih kusam dengan tanda-tanda yang tidak terlalu mencolok sehingga memudahkannya berbaur dengan lingkungan sekitar saat menjaga sarang atau melindungi anak burung

Perbedaan fisik antara burung jantan dan betina paling terlihat selama musim semi atau akhir Maret sampai akhir Juni dan musim kemarau ketika warna cerah menarik pasangan lebih efektif. 

Baca juga: Ketahui, Ini 5 Tips Memilih Sangkar Burung yang Tepat

Warna-warna berani juga kurang berbahaya pada bulan-bulan musim kemarau ketika burung-burung berwarna-warni masih bisa menyatu dengan bunga dan dedaunan yang cerah.

Untuk beberapa spesies, burung jantan berganti bulu menjadi kurang cemerlang dan lebih tersamar setiap musim gugur atau awal September sampai akhir November, tetapi akan kembali menyegarkan warna cerah bulunya setiap musim semi. 

Berikut cara mengetahui jenis kelamin burung berdasarkan spesies dan warna bulunya; 

  • Burung kardinal utara atau Northern cardinals jantan memiliki bulu berwarna merah cemerlang dan betina berwarna cokelat kemerahan. 
  • Burung bunting lukis atau painted bunting cenderung memiliki jantan berwarna pelangi dan betina berwarna kehijauan monokrom 
  • Banyak burung belibis, puyuh, dan burung pegar jantan memiliki bulu berwarna unik, tetapi betina jauh lebih tersamarkan. 

Baca juga: 3 Hal yang Perlu Dipertimbangkan Saat Memandikan Burung Peliharaan

Ilustrasi burung Budgie (Parkit)Unsplash/Dalton Touchberry Ilustrasi burung Budgie (Parkit)

Untuk beberapa burung, seperti northern flickers atau colaptes auratus memiliki perbedaan bulu antara jantan dan betina jauh lebih halus. 

Halaman:
Sumber The Spruce


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.