Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Tips Menghemat Listrik Saat Menggunakan Mesin Cuci

Kompas.com - 07/07/2022, 20:51 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Mencuci pakaian menjadi kegiatan rumah tangga yang rutin dilakukan.

Tak heran, membuat mesin cuci menjadi peralatan elektronik yang sering digunakan sehingga mengonsumsi banyak listrik.

Namun, dilansir dari Home Guides SF Gate, Kamis (7/7/2022), hanya dengan mengubah cara mencuci pakaian dan menjaga mesin cuci dalam kondisi baik dapat menghemat biaya tagihan listrik seperti berikut ini. 

Baca juga: 4 Cara Tepat Menggunakan Mesin Cuci untuk Pakaian Lebih Bersih 

Sesuaikan pengaturan mesin 

Ilustrasi mesin cuci, Ilustrasi ruang mencuci.Unsplash/Pixel-Shot Ilustrasi mesin cuci, Ilustrasi ruang mencuci.

Jika mesin cuci memiliki fitur hemat energi, cobalah menggunakannya. Merendam pakaian yang sangat kotor menggunakan air hangat tidak hanya membantu membuatnya lebih bersih, tetapi juga menghemat energi untuk mencuci pakaian berulang kali.

Ini juga memungkinkan Anda menggunakan kembali air cucian dari muatan yang sedikit kotor. Gunakan metode ini apabila berencana untuk segera mencuci beban berikutnya.

Jika pengering memiliki pengaturan "Pengering Otomatis", ini dapat menghemat lebih dari sekadar energi. Mengeringkan pakaian secara berlebihan juga bisa membuat pakaian lebih cepat aus. 

Baca juga: 7 Hal yang Harus Dilakukan Sebelum Mencuci Pakaian di Mesin Cuci

Ubah kebiasaan 

Komisi Energi California menyarankan menghindari membebani mesin cuci atau pengering dan menggunakan detergen dalam jumlah tepat.

Terlalu banyak busa menyebabkan mesin cuci bekerja lebih keras dan menggunakan lebih banyak listrik. Pada pengering, urutkan pakaian berdasarkan kain atau beratnya.

Misalnya, mencampur cucian seperti sweater tebal, jeans, atau handuk dengan t-shirt tipis dan pakaian dalam. Hal ini dapat membuat mesin cuci bekerja lebih lama dari yang dibutuhkan untuk memastikan semuanya kering.

Untuk mempersingkat waktu, masukkan handuk bersih, kering, dan penyerap untuk menyerap kelembapan berlebih. Bola pengering, bahkan bola tenis, membantu sirkulasi udara lebih baik sehingga mengurangi waktu pengeringan. 

Baca juga: 5 Cara Memperpanjang Usia Penggunaan Mesin Cuci 

Lakukan pemeliharaan mesin cuci

Bersihkan perangkap serat pengering setelah setiap pemuatan. Selain itu, bersihkan ventilasi pembuangan luar secara berkala untuk hasil terbaik.

Filter dan ventilasi yang tersumbat membatasi aliran udara, yang pada akhirnya mengurangi kinerja pengering.

Selain itu, mempertimbangkan menggunakan mesin cuci bukaan depan karena lebih sedikit memakai air daripada mesin cuci bukaan atas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com