Kompas.com - 06/07/2022, 21:40 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Tidak semua orang memiliki waktu luang untuk mengunjungi bioskop meski saat hari libur, baik bekerja maupun sekolah. 

Sebab, beberapa orang lebih senang memanfaatkan hari libur untuk beristirahat di rumah sembari mempersiapkan diri menyambut hari kerja keesokan harinya. 

Baca juga: 5 Pilihan Home Theater Murah untuk Ciptakan Nuansa Bioskop di Rumah

Ditambah, ada beberapa kegiatan rumah tangga yang baru sempat dilakukan pada hari libur, entah itu merapikan isi lemari pakaian, membersihkan permukaan dapur, atau merawat tanaman hias

Namun, tak perlu khawatir. Kamu bisa membawa suasana menonton bioskop ke rumah dengan menghadirkan home teater. Dikutip dari Mental Floss, Rabu (6/7/2022), berikut beberapa tips menghadirkan home theater di rumah.

 Baca juga: 6 Langkah Membuat Ruang Gym di Rumah

Tentukan area

Pertama-tama, tentukan area untuk menghadirkan bioskop. Setelah itu, susun furnitur untuk membuat kegiatan menonton terasa nyaman. Penyusunan furnitur perlu didasari pada jarak pandang yang optimal untuk menonton televisi.

Caranya, ambil ukuran layar diagonal dan kalikan dengan 1,5 hingga 2,5. Hasil tersebut merupakan seberapa jauh area tempat duduk perlu diletakkan dari bagian depan televisi.

Baca juga: 5 Hal yang Menyebabkan TV LED Ada Suara tapi Tidak Muncul Gambar

Gunakan soundbar untuk ruangan kecil

Sebagian besar televisi modern mampu mengeluarkan suara yang bagus, tetapi tidak ada yang memberikan pengalaman sinematik layaknya speaker khusus.

Jika ruangan berukuran kecil, pertimbangkan membeli soundbar. Mereka memiliki beberapa speaker di dalam alat berbentuk persegi panjang.

Ilustrasi home theater.SHUTTERSTOCK / Photographee.eu Ilustrasi home theater.

Letakkan speaker bass di lantai

Hal lain yang perlu disiapkan adalah speaker khusus bass atau subwoofer. Ini dirancang khusus untuk membuat ruangan terasa bergetar.

Untuk posisi peletakkannya, jangan memasangnya pada lemari. Getarannya hanya akan menghasilkan lebih banyak suara derak yang mengganggu alih-alih suara getaran khas ruang bioskop. Sebaiknya, meletakkan speaker bass di lantai.

Baca juga: 5 Cara Merawat TV LED agar Awet dan Layarnya Tidak Bergaris

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.