Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Membersihkan Lumut pada Paving Block Teras dengan Cuka

Kompas.com - 06/07/2022, 18:53 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Mengontrol pertumbuhan lumut di teras rumah bukan hal mudah. Untungnya, ada beberapa bahan dapur yang dapat bekerja menghilangkan pertumbuhan lumut ini, yakni cuka putih.

Dilansir dari House Beautiful, Rabu (6/7/2022), menurut para ahli berkebun di Harwood's Garden Supplies, asam asetat yang ditemukan dalam larutan pembersih tradisional efektif menghilangkan lumut dari struktur bata dan jalan masuk atau jalan setapak yang ada di rumah. 

Baca juga: Cara Aman Membersihkan Permukaan Kaca dengan Cuka

Lumut sangat menyukai bersembunyi pada paving slab, tetapi menghilangkannya bisa sulit sekali pun menggunakan alat yang tepat. 

"Cuka adalah metode relatif murah dan mudah untuk menghilangkan lumut dari pavers. Asam asetat dalam cuka dapat membunuh lumut pada paving," kata seorang juru bicara Harwood's Garden Supplies kepada The Express.

Untuk hasil terbaik, gunakan cuka putih dengan larutan sekitar lima persen. Namun, untuk pilihan lebih ampuh, cobalah larutan cuka pembersih enam persen. 

Baca juga: Jangan Gunakan Cuka dan Baking Soda untuk Membersihkan Saluran Air

Akan tetapi, saat menggunakan cuka, perhatikan area sekitar yang ingin dibersihkan. Apakah ada tanaman hidup dan hewan peliharaan karena cuka dapat berbahaya bagi kedua makhluk hidup tersebut.

Nah, berikut ini cara membersihkan lumut yang ada pada paving block teras dengan cuka putih. 

Baca juga: Cara Aman Membersihkan Pot Terakota dengan Cuka Putih

Oleskan sedikit cuka

Ilustrasi cuka putih. SHUTTERSTOCK/NEW AFRICA Ilustrasi cuka putih.
Sebelum  memulai pembersihan, oleskan sedikit cuka putih pada sudut paving slab yang tertutup lumut guna membantu menentukan apakah perlu menggunakan cuka murni atau diencerkan dengan air.

Untuk lumut yang lebih berat atau membandel, Anda perlu menuangkan cuka langsung ke lumut. 

Diamkan

Setelah menutupi area paving block dengan cuka, diamkan selama sekitar satu jam. Setelah ini, ambil sikat gosok bekas dan gosok lumut dengan kuat. Cuka akan membantu lumut terlepas dari paving block.  

Baca juga: 5 Tips Mencegah Pertumbuhan Lumut dan Jamur pada Atap Rumah

Bersihkan paving block

Terakhir, isi ember dengan air sabun untuk membiersihkan paving block dari lumut yang tersisa. Anda bisa menggunakan mesin bertekanan untuk menghilangkan lumut dengan bersih. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com