Kompas.com - 06/07/2022, 18:18 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kutu daun adalah salah satu hama yang sering menyerang berbagai tanaman. Kutu daun adalah serangga kecil berwarna hijau, coklat, kuning, merah atau hitam.

Dikutip dari Home Guides SF Gate, Rabu (6/7/2022), kutu daun bertahan hidup dengan menghisap cairan manis dari daun dan batang tanaman. Hama ini menyerap getah dari hampir semua tanaman di kebun, menyebabkan daun melengkung dan terdistorsi.

Selain itu, embun madu manis yang tertinggal menarik hama lain dan sering menyebabkan jamur jelaga, kata University of California Agriculture and Natural Resources.

Baca juga: 10 Tanaman Pengusir Kutu Daun di Halaman Rumah

Ilustrasi hama kutu daun pada tanaman.UNSPLASH/ADR SREE Ilustrasi hama kutu daun pada tanaman.

Untuk membasmi kutu daun, Anda dapayt membuat semprotan insektisida sendiri dengan menggunakan sabun cuci piring dan cabai bubuk. Insektisida ini tidak hanya murah, tapi juga ramah lingkungan.

Berikut cara membuat insektisida sendiri untuk membasmi kutu daun pada tanaman.

Campurkan air hangat dengan sabun cuci piring cair atau sabun castile, dengan takaran 4 sendok makan sabun untuk setiap 3 liter air. Hindari penggunaan sabun antibakteri dan sabun dengan pewangi atau pelembap.

Tambahkan hingga 2 sendok makan cabai bubuk, tergantung pada tingkat keparahan serangan.

Baca juga: Cara Membasmi Hama Kutu Putih dengan Cabai Rawit dan Bawang Putih

Untuk jumlah yang lebih kecil, gunakan satu sendok teh sabun cuci piring dan sejumput merica dalam botol semprot 1 liter berisi air, kata The Old Farmer's Almanac.

Uji semprotan pada beberapa daun kecil 24 hingga 48 jam sebelum menyemprotkan seluruh tanaman. Jangan menyemprot tanaman jika daunnya terlihat rusak atau terbakar, karena beberapa tanaman sensitif terhadap sabun.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.