Kompas.com - 06/07/2022, 17:45 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Memiliki kolam ikan koi dapat memberikan keindahan sekaligus ketenangan di rumah

Untuk menambah keindahan kolam ikan koi, Anda dapat meletakkan beberapa tanaman air dalamnya. Tanaman menyediakan oksigen untuk air dan memanfaatkan nitrogen yang dihasilkan ikan dari makanannya. 

Baca juga: Hati-hati, Kolam Ikan Koi Dapat Menarik Ular Muncul ke Halaman Rumah

Selain itu, tanaman juga memberikan naungan dan perlindungan bagi ikan koi dari predator. Anda bisa memasukkan kombinasi tanaman permukaan, tanaman muncul, dan tanaman yang terendam di kolam. 

Tanaman permukaan sering disebut sebagai tanaman terapung karena bisa mengapung di permukaan kolam. Tanaman permukaan juga memberikan keteduhan dan membantu menjaga air kolam tetap dingin pada musim atau cuaca panas.

Ikan koi akan memakan daun tanaman ini. Namun, tanaman ini tidak boleh menutupi lebih dari sepertiga kolam ikan koi karena kepadatan yang lebih besar dapat menghabiskan oksigen.

Dilansir dari Love to Know, Rabu (6/7/2022), berikut beberapa tanaman air yang dapat menambahkan keindahan kolam ikan koi. 

Baca juga: Memelihara Ikan Koi di Rumah, Bisakah?

Semanggi air

Ilustrasi tanaman, ilustrasi asparagus fern, ilustrasi pakis asparagus.SHUTTERSTOCK / Bintoen Ilustrasi tanaman, ilustrasi asparagus fern, ilustrasi pakis asparagus.
Tanaman semangi air (Marsilea spp) terlihat seperti semanggi berdaun empat. Tanaman semanggi air dapat mengapung pada permukaan kolam.

Ada lebih dari 65 spesies semanggi air dalam genus tanaman air ini. Tanaman ini memiliki tampilan yang cantik, tetapi bisa cukup agresif untuk menyalip kolam jika tidak dikendalikan. 

Pakis air

Pakis air (Azolla filiculoides) adalah pakis kecil yang mengapung bebas dan tumbuh subur di kolam air tawar.

Tanaman air ini terkadang disebut pakis merah meski tidak selalu berwarna merah. Tanaman pakis air juga bisa tampak hijau atau coklat, tergantung pada faktor lingkungan.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.