Kompas.com - 05/07/2022, 22:50 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Setelah membeli satu set seprai baru, mungkin kamu ingin segera memasangnya di kasurmu.

Namun, tidak sedikit orang menyarankan untuk mencuci seprai baru sebelum digunakan agar tidak memberikan efek buruk bagi kesehatan.

Lantas, benarkah seprai baru perlu dicuci sebelum digunakan? Apakah ada efek buruk jika tidak mencuci seprai baru saat digunakan?

Baca juga: 3 Cara Mengatasi Seprai yang Menguning Kembali Putih

Dilansir dari Martha Stewart, Selasa (5/9/2022), para ahli menjelaskan bahwa mencuci seprai baru sebelum digunakan selalu merupakan pilihan yang tepat untuk keamanan.

Ilustrasi mencuci seprai putih di mesin cuci. SHUTTERSTOCK/NITO Ilustrasi mencuci seprai putih di mesin cuci.
Mengapa seprai baru harus dicuci sebelum digunakan?

Apakah perlu mencuci seprai baru sebelum digunakan? Menurut para ahli, ya.

"Dengan cara ini (mencuci seprai baru sebelum digunakan) kamu menghilangkan debu dan kotoran yang mungkin terkumpul saat berada di pabrik atau di rak toko," jelas Christian Alexander, presiden dan CEO Nest Bedding.

Sementara, Mark dan Ben McLean, ahli seprai dan pendiri Benji Sleep, mencatat bahwa alergen pada seprai baru dapat sebabkan iritasi kulit.

Baca juga: 9 Langkah Mencuci Seprai agar Lebih Terawat dan Tahan Lama

Oleh karena itu, kamu harus mencuci seprai baru terlebih dahulu sebelum digunakan untuk menghindari potensi masalah kesehatan.

Terkait mencuci seprai baru sebelum digunakan, Nomi Dale Kleinman, ketua departemen desain tekstil di Fashion Institute of Technology memberikan pandangannya.

"Produk tekstil mungkin memiliki bahan kimia yang menyimpang dari proses produksi selain pati yang digunakan untuk menjaga pakaian tetap segar saat dikirim, dikemas, atau digantung di toko," jelas Kleinman dilansir dari Real Simple.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.