Kompas.com - 05/07/2022, 11:11 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Penggunaan air dalam rumah tangga tidak hanya terpaku pada kegiatan di kamar mandi saja, tetapi juga di luar rumah untuk menyiram tanaman dan bahkan di dapur.

Untuk dapur sendiri, ada banyak kegiatan yang membutuhkan air, mulai dari mencuci ikan, mengelap meja dapur, hingga mencuci piring.

Baca juga: 4 Tips Menghemat Tagihan Listrik di Rumah Setiap Bulan

Jadi, bukanlah sesuatu yang mengeherankan jika ada beberapa keluarga yang tergolong sering melakukan pemborosan air karena kegiatan yang dilakukan di dapur lebih banyak daripada keluarga lain.

Dikutip dari The Spruce Eats, Selasa (5/7/2022), ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk menghemat penggunaan air saat sedang berkegiatan di dapur. Apa saja?

Jika berlebihan dikonsumsi, kandungan serat pada sayuran bisa menyebabkan sembelit dan diare.PIXABAY/JILLWELLINGTON Jika berlebihan dikonsumsi, kandungan serat pada sayuran bisa menyebabkan sembelit dan diare.

1. Perhatikan produk yang dibeli

Sebelum membeli produk apa pun saat sedang di pasar atau toko kelontong, perhatikan dulu sebarapa berkelanjutan produk tersebut.

Co-founder dan CEO Gotham Greens, Viraj Puri, mengatakan bahwa masyarakat dapat menghemat lebih banyak air hanya dengan memakan lebih banyak tanaman.

Baca juga: Mengapa Mencabut Colokan Alat Elektronik Dapat Menghemat Listrik?

Mengonsumsi makanan lokal dan musiman dapat membuat perbedaan besar. Sebab, menjaga makanan tetap segar selama perpindahan dari satu titik menuju rumahmu membutuhkan air.

2. Perhatikan metode mencuci piring

Diperkirakan, keran di rumah menyumbang sekitar 19 persen dari penggunaan air, dalam hal ini kegiatan mencuci piring.

Sejauh ini, kegiatan mencuci piring dengan keran yang dibiarkan mengalir paling banyak menghabiskan air, atau sekitar 9 liter air dapat keluar dari keran setiap menit.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.