Kompas.com - 04/07/2022, 21:35 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Dalam feng shui, praktik harmonisasi rumah Tiongkok kuno, pintu depan adalah gerbang yang terbuka ke dalam rumah.

Untuk itu, ada sejumlah hal yang harus dipertimbangkan sebelum memilih pintu, salah satunya warna pintu. 

Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan Pintu Kayu

Saat memilih warna untuk pintu masuk rumah, pertimbangkan faktor geografis rumah, kondisi lingkungan sekitar, dan aspirasi orang yang tinggal di rumah. 

Pilihan yang bijak bisa meningkatkan peluang harmoni, kemakmuran, dan kebahagiaan bagi semua orang.

Nah, dilansir dari Home Guides SF Gate, Senin (4/7/2022), berikut sejumlah hal yang perlu dipertimbangkan sebelum memilih warna pintu masuk rumah. 

Baca juga: 5 Tips Mendekorasi Teras Menurut Feng Shui 

Warna dalam feng shui

Ilustrasi pintu masuk rumah. SHUTTERSTOCK/DAVID PAPAZIAN Ilustrasi pintu masuk rumah.
Dalam feng shui, setiap warna milik salah satu dari lima elemen, yakni kayu, tanah, api, air, dan logam. Setiap arah juga dikaitkan dengan elemen.

Warna api merupakan warna selatan yang mengartikan panas dan warna merah, jingga, serta kuning tua menjadi perwakilannya.

Warna timur adalah elemen kayu yang memiliki perwakilan warna hijau daun. Sementara itu, elemen logam berwarna abu-abu dan putih merupakan warna area barat.

Air adalah elemen utara dan warnanya biru tua serta hitam. Bumi adalah elemen dari barat daya dan timur laut serta warnanya adalah cokelat bersahaja, kuning, dan oranye terakota. 

Baca juga: 3 Material Pintu untuk Rumah yang Menghadap ke Selatan 

Memilih warna pintu masuk rumah

Sebelum memilih warna untuk pintu masuk rumah, cobalah berdiri dan lihat bagian depan rumah serta perhatikan bagaimana perasaan Anda saat masuk.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.