Kompas.com - 02/07/2022, 20:45 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Membersihkan kaca akuarium yang berkerak bisa menjadi pekerjaan yang gampang-gampang sulit untuk dilakukan.

Sebab, ada teknik pembersihan yang perlu dilakukan dengan tepat dan sesuai agar kerak pada permukaan kaca akuarium dapat menghilang.

Jadi, apabila kaca akuarium ikan di rumahmu sudah berkerak sehingga membuat ikan yang ada di dalamnya sulit terlihat, tiba waktunya bagimu untuk membersihkannya.

Baca juga: Manfaat Akuarium Menurut Feng Shui dan Di Mana Harus Meletakkannya

Dikutip dari channel YouTube LowBudget Aquascape, Sabtu (2/7/2022), berikut ini tiga cara membersihkan kaca akuarium yang berkerak agar kembali bening.

Membersihkan kerak ringan

• Untuk membersihkan kerak ringan pada kaca akuarium, kamu bisa menggunakan cairan berbahan asam, seperti cairan pembersih porselen, cuka, sitrun, dan sebagainya.

• Gunakan sarung tangan latex untuk perlindungan pada tangan dan kulit, kemudian tuangkan cairan pembersih secara merata di kaca yang berkerak.

• Setelah itu ratakan cairan pembersih ke seluruh kaca dengan spons lembut dan gosok sampai bersih.

• Setelah dibersihkan, diamkan selama 15 menit.

Baca juga: 6 Manfaat Memiliki Akuarium Ikan di Rumah

• Setelah 15 menit, siapkan sedikit soda kue dan masukkan ke dalam wadah kecil, kemudian tambahkan sedikit air dan aduk-aduk sampai merata hingga menjadi pasta.

• Oleskan pasta soda kue dengan kuas ke kaca akuarium yang berkerak. Soda kue akan bereaksi dengan sisa larutan asam pada cairan pembersih yang sebelumnya kamu gunakan dan menghasilkan gelembung.

• Setelah dioleskan dengan pasta soda kue, gosok seluruh kaca akuarium dengan spons hingga bersih.

Jika langkah-langkah di atas sudah dilakukan, bilas kaca akuarium dengan air hingga bersih.

Jika kerak membandel masih ada pada akuarium, lakukan cara pembersihan selanjutnya di bawah ini.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.