Kompas.com - 02/07/2022, 12:10 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Listrik menjadi kebutuhan utama di dalam rumah. Mulai dari mesin cuci, kulkas, AC, dan perangkat elektronik lainnya membutuhkan aliran energi listrik agar tetap bisa bekerja dengan baik.

Akan tetapi, terkadang tagihan listrik tiba-tiba meningkat pesat. Dilansir HomeServe, Sabtu (2/7/2022) ada beberapa alasan umum yang membuat tagihan listrik lebih tinggi dari biasanya.

Jika Anda memiliki tagihan listrik yang sangat tinggi, ada baiknya mempertimbangkan semua faktor yang mungkin dapat menghabiskan tagihan listrik yang banyak seperti berikut ini. 

Baca juga: Mengapa Mencabut Colokan Alat Elektronik Dapat Menghemat Listrik?

Ilustrasi kabel, ilustrasi kabel listrik.SHUTTERSTOCK / MPIX Ilustrasi kabel, ilustrasi kabel listrik.

1. Kabel rusak

Kabel listrik yang rusak bisa sangat berbahaya, mengakibatkan keadaan darurat di rumah. Kabel listrik di ruang mana pun di rumah Anda yang dapat menjadi longgar atau berjumbai dapat menimbulkan masalah.

Kabel ini dapat dengan mudah terhubung dengan benda-benda listrik lainnya, menyebabkan mereka memanas dan mengkonsumsi listrik, membuat Anda menghabiskan sedikit uang.

Terlepas dari aspek keuangan, kabel yang salah juga dapat membahayakan kesehatan Anda melalui risiko sengatan listrik atau bahkan kebakaran listrik.

Apa yang harus dilakukan?  Periksa steker dan kabel peralatan terlebih dahulu apakah ada masalah.

Baca juga: 6 Peralatan Elektronik yang Dapat Meningkatkan Tagihan Listrik

Jika kabel dan steker alat tampak baik-baik saja, itu mungkin disebabkan oleh kabel rumah tangga Anda.

Hubungi teknisi listrik untuk memeriksa kabel untuk mengidentifikasi kerusakan sehingga Anda dapat melakukan perawatan yang diperlukan.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.