Kompas.com - 30/06/2022, 20:38 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Hidroponik merupakan metode menanam tanaman menggunakan air sebagai media tanam sekaligus menyediakan nutrisi sehingga tidak perlu melakukan penyiraman. 

Metode bercocok tanam tanpa menggunakan tanah ini semakin diminati banyak masyarakat urban atau perkotaaan lantaran bisa dilakukan di lahan sempit seperti apartemen dan rumah kecil serta minim perawatan. 

Baca juga: 6 Sistem Hidroponik yang Perlu Diketahui Sebelum Memulai Berkebun

Hidroponik adalah mekanisme yang kompleks dan memiliki beberapa sistem penanaman dengan tingkat kerumitan yang bervariasi, dari mudah hingga sulit. 

Dilansir dari HydroPros, Kamis (30/6/2022), hidroponik memiliki enam sistem penanaman, yakni sistem sumbu atau wicking, sistem rakit apung (deep water culture), nutrient film technique (NFT), aeroponik, sistem pasang surut (ebb and flow), serta sistem tetes (drip system). 

Dianggap sebagai sistem paling mudah, sistem sumbu memiliki proses kerja dengan menghubungkan tanaman dan reservoir larutan nutrisi menggunakan sumbu, yang perlahan memberi tanaman makan dari waktu ke waktu.

Baca juga: Keuntungan dan Kelebihan Menanam Tanaman dengan Metode Hidroponik

Ilustrasi hidroponik, Ilustrasi menanam tanaman dengan metode hidroponik.Shutterstock/naramit Ilustrasi hidroponik, Ilustrasi menanam tanaman dengan metode hidroponik.

Bahan penyerap seperti kapas adalah media yang paling umum digunakan dan perlahan-lahan memindahkan air atau larutan nutrisi ke tanaman. 

Tjatur Prasetijono, penggiat tanaman hidroponik sekaligus founder Simon Peter Hidroponik—media dan situs belanja perlengkapan hidroponik— mengatakan, dari semua sistem hidroponik, sistem sumbu atau wicking sebagai metode paling sederhana dan hemat biaya.

"Sistem ini cocok untuk pemula. Setelah sukses dengan sistem sumbu dan benar-benar menyukai menanam secara hidroponik, lanjutkan dengan sistem lebih tinggi seperti sistem NFT (nutrient film technique)," ucapnya dihubungi Kompas.com lewat pesan singkat, baru-baru ini. 

Tjatur menjelaskan, semua jenis tanaman dapat ditanam menggunakan secara hidroponik dan menggunakan sistem apa pun, dari tanaman sayur, buah-buahan, tanaman herbal, hingga tanaman hias

Tjatur membagikan cara menanam tanaman dengan sistem hidroponik sumbu untuk pemula sebagai berikut.

Baca juga: Metode Hidroponik, Solusi Berkebun di Lahan Sempit Perkotaan

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.