Kompas.com - 30/06/2022, 18:13 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Meski tidak seperti anjing yang terkenal dengan kesetiaannya, ternyata cukup banyak pemilik kucing yang melaporkan bahwa hewan peliharaan setia.

Misalnya, sahabat bulu selalu menunggu di depan pintu ketika pemiliknya pulang ke rumah. Namun, penelitian tentang hal ini sangat sedikit. 

Baca juga: Tips untuk Meminimalisir Hairball pada Kucing Peliharaan

Dilansir dari Cuteness, Kamis (30/6/2022), Mikel Delgado, konsultan perilaku kucing bersertifikat dan salah satu pemilik Feline Minds, menjelaskan sama dengan anjing, kucing dapat mendengar suara pemiliknya saat pulang ke rumah seperti suara mobil di jalan masuk atau saat pemiliknya berjalan menaiki tangga.

Seiring waktu, kata Delgado, kucing mempelajari bahwa suara-suara ini memprediksi kedatangan pemiliknya. 

Selain itu, kucing memiliki kepekaan waktu yang baik dan dapat mengetahui apakah pemiliknya pulang pada waktu yang sama setiap hari. Inilah sebabnya kucing seperti selalu tahu kapan waktunya makan malam. 

Baca juga: Kenali, Ini Tanda-tanda Rabies pada Kucing 

Ilustrasi kucing, Ilustrasi kucing saling berkomunikasi.Shutterstock/Xeniya Butenko Ilustrasi kucing, Ilustrasi kucing saling berkomunikasi.
Kucing dapat mempelajari jadwal pemiliknya, terutama ketika ada makanan di dalamnya untuk mereka.

Apabila Anda memiliki jadwal yang konsisten seperti tiba di rumah pada pukul 18.00 setiap hari, kucing peliharaan dapat memprediksi kedatangan Anda.

Delgado menambahkan, kucing mendapat banyak perhatian dan terkadang mendapat makan saat pemiliknya pulang.

Hal itulahnya yang mungkin membuat sahabat bulu bersemangat menunggu kepulangan atau kedatangan pemiliknya. 

Baca juga: 8 Tips untuk Membantu Anjing dan Kucing Peliharaan Hidup Sehat

Namun, kucing tidak berevolusi bersama dengan manusia seperti anjing. Kucing domestik atau peliharaan adalah perkembangan yang jauh lebih baru daripada anjing domestik. 

Namun, kucing telah menghabiskan cukup waktu bersama manusia selama ribuan tahun untuk mengetahui kebiasaan manusia, terlebih ketika ada makanan untuknya sehingga membuat sahabat bulu mengetahui kebiasaan pemiliknya. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Cuteness
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.