Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 28/06/2022, 21:40 WIB
Nabilla Ramadhian,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber CNET

JAKARTA, KOMPAS.com – Satu hal yang membuat beberapa orang lebih menyukai menggunakan stand mixer saat membuat kue adalah cara penggunaannya yang lebih mudah.

Stand mixer dapat membantu menghemat tenaga ketika membuat kue karena dapat beroperasi atau digunakan tanpa perlu memegangnya.

Baca juga: Mau Beli Stand Mixer untuk Membuat Kue? Perhatikan 5 Hal Ini Dulu

Kendati demikian, stand mixer cukup sulit dibersihkan karena memiliki beberapa sudut yang sulit dijangkau sehingga membuat waktu pengerjaan lebih lama.

Disadur dari Cnet, Selasa (28/6/2022), berikut cara mudah dan cepat membersihkan stand mixer. 

Seka pakai kain lap

Ilustrasi stand mixer. SHUTTERSTOCK/DMITRY_EVS Ilustrasi stand mixer.

Setelah melepaskan mangkuk wadah dan ragam fitur pelengkapnya, seka semua permukaan stand mixer menggunakan kain katun lembap bersuhu hangat.

Jangan lupa menyeka bagian bawah mixer. Kadang kala, adonan kue dapat muncrat dan mentes ke bagian bawah. Menyeka bagian bawah tersebut bisa mencegahnya merembes dan menyebabkan karat pada bagian bawah mixer. 

Baca juga: 4 Hal yang Harus Dipertimbangkan Dalam Memilih Mixer

Apabila mixer berminyak, gunakan pembersih kaca jendela. Alternatifnya, campurkan 236 mililiter air dan alkohol gosok serta satu sendok makan cuka putih. 

Tuangkan ke dalam botol semprotan, kocok hingga campuran merata, dan segera bersihkan stand mixer.

Teliti saat membersihkan setiap celah

Ilustrasi stand mixer. PIXABAY/JILL WELLINGTON Ilustrasi stand mixer.

Setelah menyeka seluruh permukaan, periksa kembali setiap celah pada stand mixer karena tepung dan bahan lainnya bisa masuk ke lubang di sekitar tuas pengunci kepala mixer dan sakelar yang mengatur kecepatan alat.

Cara terbaik membersihkan area ini adalah menyemprotkan kapas dengan pembersih, lalu seka setiap permukaan yang terlihat. 

Baca juga: 5 Hal yang Perlu Dipertimbangkan Sebelum Membeli Stand Mixer

Bersihkan fitur yang bisa dilepas

Jangan lupa membersihkan fitur-fitur pelengkap stand mixer yang sebelumnya sudah dilepas. Kemudian cuci dengan tangan menggunakan air dan sabun cuci piring, bilas dengan baik, dan keringkan dengan benar untuk mencegah karat.

Untuk area tempat pemasangan, fitur-fitur ini juga perlu dibersihkan setiap kali digunakan. Jika tidak, stand mixer dapat berhenti bekerja dengan benar.

Jika stand mixer memiliki area untuk memasang fitur pengocok, jangan lupa membersihkkannya menggunakan spons lembap yang dilipat. Setelah itu, masukkan dan putar spons di area tersebut untuk menghilangkan kotoran.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber CNET
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com