Kompas.com - 27/06/2022, 19:37 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Berkebun menjadi salah hobi baru yang semakin banyak digandrungi orang saat ini, terlebih sejak dua tahun belakangan pandemi Covid-19.

Namun, di kota besar, berkebun menjadi kegiatan yang sering kali sulit dilakukan karena keterbatasan lahan yang dimiliki. 

Baca juga: Keuntungan dan Kelebihan Menanam Tanaman dengan Metode Hidroponik

Sebetulnya, berkebun tak melulu dalam bentuk konvensional yang harus membutuhkan lahan luas dan tersendiri serta menggunakan tanah

Sebagai solusi, Anda bisa menanam tanaman menggunakan metode hidroponikMetode hidroponik memanfaatkan air, yang juga sebagai nutrisi, untuk pertumbuhan tanaman sehingga tidak perlu melakukan penyiraman. 

Metode menanam tanaman tanpa menggunakan tanah ini semakin diminati masyarakat urban atau perkotaaan lantaran tidak membutuhkan lahan yang luas, bahkan bisa dilakukan di dalam rumah atau apartemen dengan perawatan minim. 

Akan tetapi, hidroponik adalah mekanisme yang kompleks dan memiliki beberapa sistem penanaman dengan tingkat kerumitan yang bervariasi, dari mudah hingga sulit.

Dilansir dari Eden Green dan HydroPros, Senin (27/6/2022), ada enam sistem menanam tanaman dengan hidroponik seperti berikut ini.

Baca juga: Metode Hidroponik, Solusi Berkebun di Lahan Sempit Perkotaan

Sistem sumbu (Wicking) 

Ilustrasi hidroponik, Ilustrasi menanam tanaman dengan metode hidroponik.Shutterstock/Basicdog Ilustrasi hidroponik, Ilustrasi menanam tanaman dengan metode hidroponik.
Dari semua sistem hidroponik, sistem sumbu atau wicking dianggap sebagai metode paling sederhana dan hemat biaya.

Tanaman dan reservoir larutan nutrisi dihubungkan oleg sumbu, yang perlahan memberi tanaman makan dari waktu ke waktu.

Bahan penyerap seperti kapas adalah media yang paling umum dan perlahan-lahan memindahkan air atau larutan nutrisi ke tanaman. 

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.