Kompas.com - 27/06/2022, 18:23 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Dapur menjadi area yang sering digunakan di rumah. Tak heran, membuatnya rentan mengalami bau tak sedap.

Meski telah membersihkan setiap kali digunakan, bau masih saja ada di dapur selama beberapa waktu. Bahkan, bau ini berasal dari tempat yang tidak pernah dipikirkan. 

Dilansir dari All Recipes, Senin (27/6/2022), berikut empat sumber bau di dapur dan cara mengatasinya. 

Baca juga: Catat, 7 Peralatan Ini Wajib Dimiliki Setiap Dapur 

Oven

Agar awet, bersihkan oven secara manual beberapa bulan sekali.Unsplash/Stefan C Asafti Agar awet, bersihkan oven secara manual beberapa bulan sekali.
Penyebab utama bau tak sedap dari oven adalah adanya lemak yang menumpuk. Timbunan lemak menciptakan minyak yang dapat menyebar ke seluruh oven. 

Pembersihan yang tidak tepat dapat membuat bau ini tetap ada. Meski tergoda menggunakan pembersihan sendiri, hal itu bisa menyebabkan bahaya kebakaran pada minyak yang menempel.

Untuk benar-benar membersihkan oven, gunakan pembersih dengan kemampuan memecah lemak yang membandel. Direkomendasikan menggunakan pembersih alami seperti baking soda diikuti dan cuka

Baca juga: 5 Hal yang Perlu Dipertimbangkan Saat Membeli Range Hood untuk Dapur 

Saluran air wastafel 

Area di dapur lainnya yang sering menyebabkan bau tak sedap adalah wastafel. Hal ini tak lain karena sisa bahan makanan dan minyak yang menempel.

Untuk membersihkannya, siram air panas dan sabun cuci piring secara konstan pada saluran wastafel dapur.  

Mesin pencuci piring

Ilustrasi mesin pencuci piring atau dishwasher. SHUTTERSTOCK/NEW AFRICA Ilustrasi mesin pencuci piring atau dishwasher.
Tidak semua makanan dibersihkan selama siklus pencucian. Jadi, untuk benar-benar menghancurkan sisa partikel makanan dan sisa lemak, gunakan cuka.

Untuk menghilangkan bau pada mesin pencuci piring, letakkan dua cangkir cuka di rak atas mesin pencuci piring. Cara ini juga membantu menghindari penumpukan dan lakukan metode ini sebulan sekali. 

Baca juga: 4 Tips Memilih Kombinasi Lantai dan Lemari Dapur yang Nyaman 

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.