Kompas.com - 27/06/2022, 17:11 WIB

JAKARTA,KOMPAS.com - Saat merenovasi atau menambah ruang di dalam rumah, kamar mandi harus menjadi salah satu hal pertama yang dipikirkan dengan baik sehingga bisa menjalankan fungsinya dengan baik.

Selain memiliki desain yang cantik, kamar mandi juga harus menjadi ruang yang efisien di rumah.

Baca juga: 5 Ide Mendekorasi Kamar Mandi Kecil agar Terasa Nyaman dan Bergaya 

Sayangnya, ada beberapa kesalahan yang sering dilakukan saat merenovasi kamar mandi. Akibatnya, tampilan kamar mandi tidak menarik serta membuat tidak berfungsi optimal.

Dilansir dari Houzz, Senin (27/6/2022), berikut kesalahan umum yang harus dihindari saat merenovasi kamar mandi.

Tidak ada pemandangan ke luar

Ilustrasi kamar mandi, ilustrasi skylight.SHUTTERSTOCK / Artazum Ilustrasi kamar mandi, ilustrasi skylight.
Siapa pun tidak menyukai kamar mandi yang gelap, lembap, serta memiliki sirkulasi yang buruk. Kondisi ini membuat orang enggan menghabiskan waktu berlama-lama di kamar mandi.

Bila sedang merenovasi kamar mandi, pertimbangkan menggunakan jendela. Jika jendela bukan pilihan, gunakan skylight untuk membuat udara segar dan cahaya alami masuk ke kamar mandi. 

Baca juga: 7 Benda Ini Wajib Dimiliki Setiap Kamar Mandi, Apa Saja? 

Menempatkan kamar mandi di ruang umum

Selanjutnya, kesalahan yang sering dilakukan saat merenovasi kamar mandi adalah menempatkannya di salah satu ruang publik rumah seperti dapur, ruang tamu, atau ruang makan.

Namun, tidak berarti harus menempatkan kamar mandi di lorong panjang. Sebagai solusi, membuat semacam pemisahan formal untuk memecah garis pandang antara kamar mandi dan ruang umum di rumah lainnya.  

Baca juga: 7 Tanaman Hias yang Tumbuh Subur di Kamar Mandi

Tidak memberikan batas

Ketika merenovasi kamar mandi, pastikan kloset bukan benda pertama yang dilihat. Karena itu, buat pembatas antara setiap perlengkapan.

Usahakan memberikan pembatas antara kloset, shower, wastafel. Jika tidak memungkinkan, gunakan pembatas seperti kaca atau tirai kamar mandi.  

Baca juga: 7 Ide Menciptakan Kamar Mandi Minimalis

Lebih besar, lebih baik

Tidak selamanya sesuatu yang lebih besar, lebih baik. Begitu pun kamar mandi tidak harus berukuran sangat besar, tetapi pastikan berfungsi baik di dalam rumah.

Sebab, aspek terpenting dari kamar mandi baru adalah memiliki desain hebat yang berfungsi secara efisien untuk kebutuhan dan gaya hidup. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Houzz
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.