Kompas.com - 26/06/2022, 12:07 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kotak pasir atau kotak kotoran (litter box) merupakan sebuah kotak khusus berisi pasir yang dibutuhkan kucing peliharaan untuk membuang kotoran dan urine.

Terkait dengan kotak sanitasi ini, tidak sedikit cat owner masih belum tahu jumlah kotak pasir yang dibutuhkan oleh kucing peliharaannya.

Lantas, berapa banyak kotak pasir yang dibutuhkan oleh kucing peliharaan untuk buang air besar dan kecil?

Baca juga: Panduan Cara Menjaga Kebersihan Kotak Pasir Kucing

Dilansir dari The List, Minggu (26/6/2022), dijelaskan bahwa kebutuhan minimum kotak pasir yang disarankan adalah jumlah kucing ditambah satu.

Ilustrasi kotak pasir kucing. SHUTTERSTOCK/GUAJILLO STUDIO Ilustrasi kotak pasir kucing.
Ini berarti dua kucing membutuhkan setidaknya tiga kotak pasir, sementara tiga kucing membutuhkan setidaknya empat kotak pasir.

Bahkan, dalam rumah tangga dengan satu kucing saja, dua kotak pasir adalah jumlah minimum yang disarankan.

Saran tersebut bukan tanpa alasan karena kucing adalah hewan yang cukup menjaga kebersihan sehingga memengaruhi jumlah kotak pasir yang dibutuhkannya.

"Banyak kucing lebih suka buang air besar di satu kotak pasir dan kencing di kotak pasir yang lain. Itu naluriah kucing untuk tidak meninggalkan semua kotorannya di tempat yang sama," jelas spesialis pelatihan dan perilaku kucing, Bridget Lehet.

Baca juga: 6 Tips Melatih Anak Kucing agar Buang Kotoran di Kotak Pasir

Memiliki beberapa kotak pasir merupakan strategi cerdas yang membuat pemiliknya tidak perlu kerepotan.

Jadi, apabila kucingmu yang rewel tidak menyukai salah satu kotak pasir karena alasan apa pun, atau jika satu kotak pasir diblokir sementara oleh anjing yang menggonggong atau anak yang berisik, selalu ada kotak pasir lain yang tersedia.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.