Kompas.com - 25/06/2022, 10:25 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Ketika kucing peliharaan bersih, ada berbagai penyebab di baliknya, salah satunya adalah karena mereka pilek.

Anjing pun bisa bersih karena berbagai macam hal termasuk alergi atau iritasi. Namun, ada jenis hewan peliharaan lain yang juga bisa bersin, yakni hamster.

Baca juga: Simak, Ini Panduan Membersihkan Kandang Hamster

Disadur dari The Spruce Pets, Sabtu (25/6/2022), terdapat berbagai alasan mengapa hamster bisa bersin, salah satunya adalah infeksi saluran pernapasan.

Bahkan, bersin pada hamster juga bisa terjadi karena mereka alergi. Untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasan lengkapnya.

1. Infeksi saluran pernapasan

Ilustrasi Roborovski HamsterUnsplash/Silje Roseneng Ilustrasi Roborovski Hamster

Hamster memang tidak terkena flu atau pilek seperti manusia, tetapi bisa terkena infeksi saluran pernapasan.

Infeksi saluran pernapasan atas dapat menyebabkan gejala yang mencakup mata berair, mata berkerak yang dapat menutup, lesu, nafsu makan berkurang, hidung tersumbat, dan bersin.

Baca juga: 4 Material yang Tidak Boleh Dijadikan Alas di Kandang Hamster

Infeksi dapat berubah menjadi sesuatu yang lebih besar seperti pneumonia. Namun, umumnya mereka mudah disembuhkan jika segera diobati.

Bakteri dari lingkungan atau makanan, atau hamster lain, bisa menjadi penyebab infeksi saluran pernapasan yang membuat sahabat bulu bersin.

2. Punya alergi

Jika kamu memiliki alergi, hamster juga bisa memilikinya. Meski tidak melakukan pengujian alergi pada hamster, kamu bisa mengobati gejalanya, dan menekan pelepasan histamin menggunakan antihistamin.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.