Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perhatikan, Tanda Sabun Cuci Piring Kedaluwarsa

Kompas.com - 25/06/2022, 09:50 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Sama seperti produk pembersih lainnya, sabun cuci piring juga memiliki tanggal kedaluwarsa. Jika sabun cuci piring kedaluwarsa, maka efektivitasnya akan menurun dan hilang.

Dilansir Home Guide Info, Sabtu (25/6/2022), sangat mudah untuk mengetahui kapan sabun cuci piring telah kedaluwarsa, meskipun mungkin masih terbukti cukup efektif untuk mencuci peralatan masak dan peralatan makan.

Dalam beberapa kasus, tanda sabun cicin piring kedaluwarsa adalah jika tidak berbusa sebanyak dulu, sehingga tidak efektif dalam menghilangkan kuman dan bakteri.

Baca juga: Mencuci Piring dengan Sabun Cuci Piring Kedaluwarsa, Apa Dampaknya?

Ilustrasi sabun cuci piring. SHUTTERSTOCK/KLEPACH Ilustrasi sabun cuci piring.

Adapun dalam kasus lain, tanda sabun cuci piring kedaluwarsa adalah ketika kehilangan bau harum yang dimilikinya saat pertama kali membelinya.

Beberapa merek sabun cuci piring tidak memiliki tanggal kedaluwarsa. Ini menyelamatkan Anda dari teka-teki mengetahui kapan itu kedaluwarsa.

Selain itu, beberapa memang memiliki saran tercetak untuk "digunakan sebelum 18 bulan setelah pembuatan."

Ketika sabun berhenti berbusa, Anda perlu menggunakan lebih banyak cairan dan menggunakan lebih banyak energi untuk membersihkan permukaan.

Baca juga: Mudah, Begini Cara Membuat Sabun Cuci Piring di Rumah

Sabun beraroma minyak esensial dan mengandung bahan botani memiliki umur simpan yang lebih pendek karena bahan-bahan alami.

Sabun cuci piring juga kehilangan keefektifannya dan cenderung mudah kedaluwarsa jika terkena terlalu banyak udara. Kehilangan aromanya tidak sepenuhnya berarti berbahaya untuk digunakan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com