Kompas.com - 25/06/2022, 09:07 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Sama seperti jenis hewan peliharaan lainnya, burung juga membutuhkan stimulasi mental dan fisik untuk menjaganya tetap sehat selama berada di dalam kandang.

Oleh karena itu, tidak jarang beberapa pemilik burung akan menambahkan satu atau dua mainan di kandang untuk menghibur hewan peliharaannya.

Baca juga: Ketahui, Ini 5 Tips Memilih Sangkar Burung yang Tepat

Kendati demikian, ada beberapa alasan lain mengapa kamu perlu menaruh mainan di dalam kandang burung, seperti dilansir The Spruce Pets, Sabtu (25/6/2022). Apa saja?

1. Membuat burung tetap aktif

Ilustrasi burungUnsplash/Patrice Bouchard Ilustrasi burung

Berinteraksi dengan mainan tidak hanya menstimulasi pikiran burung, tetapi juga membuat mereka aktif dan terlibat secara fisik.

Di alam, burung adalah salah satu spesies yang selalu aktif. Jadi, hanya bertengger setiap hari adalah sesuatu yang tidak wajar, tidak sehat, dan membuat mereka seperti hewan peliharaan yang terabaikan.

Jika memiliki gaya hidup yang biasanya sibuk dan tidak bisa bermain dengan burung peliharaan setiap menit sepanjang hari, beri mereka alternatif untuk membuat pikiran dan tubuhnya sibuk.

Jika tidak, kebanyakan burung akan mengalihkan rasa frustrasinya ke dalam. Saat sudah mulai stres, burung mungkin mencabut bulunya, atau menjadi lesu, depresi, dan tidak sehat.

2. Menghadirkan teman bermain interaksi

Seluruh jenis burung di alam liar selalu bergerak, terbang, melompat-lompat dari satu ranting pohon ke ranting lainnya, mencari makan, dan bahkan bermain.

Baca juga: Perhatikan, Ini Tanda Burung Peliharaan Bahagia

Mereka senang bermain, dan berinteraksi untuk bersenang-senang dan bermain dengan burung lain atau benda mati yang ditemukan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.