Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 24/06/2022, 16:25 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Ada banyak tingkah yang ditunjukkan seekor anjing, salah satunya memamerkan giginya pada keadaan tertentu. 

Sama dengan perilaku lainnya, memamerkan gigi merupakan cara anjing berkomunikasi menggunakan bahasa tubuh. 

Baca juga: 8 Tanda Anjing Kepanasan dan Cara Mengatasinya

Lantas, apa maksud anjing memamerkan giginya? Apakah anjing tersenyum atau berperilaku agresi? 

Memiliki pemahaman tentang bahasa tubuh anjing sangat penting sehingga dapat memahami apa yang coba disampaikan sahabat bulu kepada Anda.

Dilansir dari The Spruce Pets, Jumat (24/6/2022), pada anjing, istilah "gigi terbuka" berarti anjing menunjukkan gigi. Seekor anjing memperlihatkan giginya dengan melengkungkan bibirnya ke belakang untuk memperlihatkan giginya. 

Baca juga: 8 Ras Anjing Populer dari Inggris, Awalnya untuk Berburu dan Bekerja

Ilustrasi anjingUnsplash/Mia Anderson Ilustrasi anjing
Ini adalah tindakan refleksif yang terjadi sebagai reaksi terhadap situasi tertentu. Anjing yang memperlihatkan giginya sering menjadi sebuah peringatan.

Dalam kebanyakan kasus, ketika seekor anjing memamerkan giginya, sahabat bulu memberikan sinyal jelas bahwa Anda harus mundur atau menjauh. 

Perilaku ini merupakan awal dari agresi yang lebih serius. Jenis bahasa tubuh anjing ini sering disertai dengan vokalisasi seperti menggeram.

Selain itu, anjing peliharaan juga menunjukkan bahasa tubuh yang agresif seperti telinga tegak, postur tubuh kaku, serta ekor terangkat tinggi dan bergerak maju mundur dengan cepat. 

Baca juga: 7 Tips Membuat Rumah Anjing Terasa Sejuk dan Nyaman

Mengabaikan perilaku ini dapat membuat anjing bertindak lebih agresif atau menyerang seperti menggertakan gigi, bahkan menggigit.

Ada beberapa hal yang membuat anjing menunjukkan agresi seperti ketakutan, perasaan kewalahan, rasa sakit, stimulasi berlebihan, penjagaan sumber daya, dan melindungi teritorial.

Maka itu, bila melihat anjing menunjukkan bahasa tubuh seperti ini, sebaiknya menjauh darinya. Hindari kontak mata dan hati-hati menjauh dari anjing. 

Baca juga: 4 Cara Aman Menggunakan Produk Pembersih di Sekitar Anjing Peliharaan

Ilustrasi anjing Saint bernard Unsplash/Alex Motoc Ilustrasi anjing Saint bernard
Tidak selalu agresi

Namun, terkadang seekor anjing memamerkan giginya tanpa kecenderungan agresif di belakangnya. Ini disebut sebagai seringai tunduk atau senyuman.

Biasanya, perilaku ini disertai dengan bahasa tubuh yang tidak mengancam seperti menjilat bibir, mengalihkan pandangan, postur tubuh yang santai, dan telinga menempel padakepala.

Baca juga: 5 Ras Anjing Bulldog yang Cocok Dipelihara di Rumah

Seringai tunduk adalah jenis isyarat penenangan untuk menenangkan situasi. Untuk beberapa hewan peliharaan, seringai tunduk dapat menunjukkan stres dan kecemasan sehingga penting memperhatikan dengan seksama perilaku tersebut tidak peduli berapa lama hewan peliharaan melakukannya.

Banyak dokter hewan mengaitkan tatapan yang dihindari dan perilaku menjilat bibir dengan stres dan kecemasan.  

Seringai tunduk tidak terlalu umum, tetapi untuk beberapa hewan peliharaan bisa menjadi 'normal'. Apabila anjing menyeringai karena stres atau takut, pada akhirnya sahabat bulu bisa merasa cukup terancam sehingga bisa membuatnya menjadi agresif secara defensif.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com