Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 23/06/2022, 16:23 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketika memasak di dapur, tak jarang aroma masakan akan menyebar ke seluruh ruangan, yang akhirnya menetap cukup lama di dalam rumah

Bau menyengat seperti menggoreng ikan, memasak daging, atau panggangan roti yang hangus tentu berdampak buruk bagi rumah, terlebih ketika ada tamu yang berkunjung. Untungnya, menghilangkan bau tersebut cukup mudah dilakukan.

Dilansir dari Food and Wine, Kamis (23/6/2022), berikut beberapa cara menghilangkan bau sisa masakan di dapur. 

Baca juga: Simak, Ini 5 Trik Membuat Dapur Lebih Terang 

Bau ikan

 Ada banyak cara memilih ikan segar di pasar. Salah satunya dengan melihat mata ikan. SHUTTERSTOCK/Witthawat Sidawong Ada banyak cara memilih ikan segar di pasar. Salah satunya dengan melihat mata ikan.
Makanan laut seperti ikan memiliki bau paling buruk. Untuk menghilangkan bau tersebut dari dapur, tinggalkan semangkuk cuka putih di atas meja setelah memasak selama semalaman untuk menyerap bau yang membandel.

Pada pagi hari, didihkan air berisi beberapa batang kayu manis, kulit lemon, dan jahe giling di atas kompor setidaknya 15 menit untuk menghilangkan bau busuk dari ikan maupun makanan laut lainnya. 

Baca juga: 5 Langkah Menata Rak Terbuka di Dapur agar Tampak Cantik 

Bawang putih, paprika, dan bawang bombai 

Memasak tanpa menggunakan bumbu dasar seperti bawang-bawangan tentu terasa kurang lengkap dan lezat. Namun, menggunakan bawang terkadang meninggalkan bau tak sedap di dapur.

Untuk mengatasinya, potong lemon menjadi dua bagian, lalu masukkan ke dalam panci berisi air, dan masak air sampai mendidih selama sepuluh menit.

Uap dari lemon akan menetralkan dan menyegarkan dapur. Anda bisa menambahkan rosemary segar ke dalamnya untuk memperoleh aroma lebih. 

Baca juga: 6 Peralatan Dapur yang Harus Dibersihkan agar Tak Jadi Sumber Penyakit 

Kari

Ilustrasi tomat, buah tomat. PEXELS/ALENA DARMEL Ilustrasi tomat, buah tomat.
Bumbu kari dapat melekat langsung ke panci dan wajan. Untuk menghilangkannya, cuci beberapa kentang, lalu potong-potong, dan letakkan pada peralatan bekas memasak. 

Setelah itu, taburi kentang dengan garam meja dan tutup panci selama dua jam sebelum mencucinya. 

Baca juga: 6 Kegunaan Pemutih untuk Membersihkan Noda dan Menghilangkan Bau

Makanan berbahan tomat

Makanan berbahan dasar tomat dapat bertahan selama berhari-hari karena memasaknya selama berjam-jam.

Untuk mengatasinya, bilas panci dan masukkan beberapa kantong teh (teh hijau sangat baik), lalu masukkan air panas, dan biarkan teh terendam selama 15 menit sebelum mencuci panci menggunakan mesin pencuci piring. 

Baca juga: 5 Ide Mendekorasi Dapur untuk Tampilan yang Nyaman dan Fungsional 

Bau daging-dagingan

Daging merah dikaitkan dengan gangguan penyakit jantung, stroke dan kanker.SHUTTERSTOCK/funny face Daging merah dikaitkan dengan gangguan penyakit jantung, stroke dan kanker.
Menghilangkan bau masakan yang berasal dari daging-dagingan cukup sulit dilakukan. Untuk mengatasinya, isi botol semprot dengan air dan tambahkan minyak esensial yang terdiri atas kayu putih, lemon dan lavender (masing-masing delapan sampai 10 tetes sudah cukup).

Setelah itu, semprotkan dengan bebas di sekitar kompor dan langsung ke ventilasi kap di atas jangkauan Anda, lalu jalankan kipas angin selama lima menit. 

Baca juga: 6 Kegiatan di Dapur yang Tidak Boleh Dilakukan

Bau hangus

Mengatasi bau hangus di dapur cukup mudah dilakukan. Caranya, letakkan semangkuk bubuk kopi di atas meja selama beberapa jam.

Anda bisa menambahkan asam Jawa untuk membantu memecah senyawa aromatik dalam makanan hangus.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com