Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 06/06/2022, 09:32 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

Sumber Cuteness

JAKARTA, KOMPAS.com - Kucing adalah hewan cerdas yang mampu merasakan emosi terhadap pemiliknya. Beberapa kucing mencintai pemiliknya sementara yang lain mungkin merasa acuh tak acuh atau bahkan tidak menyukai orang-orang di rumah mereka.

Namun demikian, ada beberapa cara Anda dapat melihat bagaimana perasaan kucing peliharaan yang sebenarnya tentang Anda.

Dilansir dari Cuteness, Senin (6/6/2022), kucing bukanlah hewan yang pendendam. Jika kucing melakukan sesuatu yang tidak biasa seperti tidak menggunakan kotak pasirnya, bukan berarti kucing berusaha membalas dendam kepada Anda.

Baca juga: 4 Cara Mencegah Kucing Peliharaan Bermain di Taman

 

Ilustrasi kucing, kucing peliharaan.SHUTTERSTOCK/SHARSHONM Ilustrasi kucing, kucing peliharaan.

Mungkin ada masalah kesehatan yang melekat pada perilaku ini. Menggeram, dan mendesis adalah indikasi bahwa kucing sedang marah, agresif, atau kesal.

Jika kucing Anda menunjukkan perilaku ini kepada Anda, mungkin sebaiknya berkonsultasi dengan dokter hewan atau spesialis perilaku hewan. Berikut cara melihat apakah kucing menyukai pemiliknya

1. Perhatikan cara kucing menyapa

Salah satu tanda kasih sayang kucing bergantung pada bagaimana mereka merespons ketika Anda tiba di rumah. Seekor kucing yang menyukai seseorang akan menyambutnya di pintu.

Bukan hal yang aneh bagi seekor anjing untuk menyapa pemiliknya di depan pintu, tetapi seekor kucing yang mencintai keluarganya mungkin menunjukkan perilaku yang sama. Secara umum, kucing adalah makhluk sosial dan senang berada di sekitar orang yang mereka sukai.

Baca juga: 4 Hal yang Menyebabkan Kucing Bersin-bersin dan Ingusan

2. Mengelus untuk mengukur emosi

Seekor kucing yang terbuka untuk berteman juga bisa bersentuhan dengan Anda. Dalam beberapa kasus, kucing bahkan mungkin mengangkat tubuhnya ke arah tangan Anda saat Anda mencoba mengelusnya.

Ini mungkin tampak aneh, tetapi kucing mungkin juga menjilati Anda jika dia menyukai Anda. Kucing menjilat satu sama lain dan pemiliknya sebagai cara untuk merawat dan menjalin ikatan bersama.

Halaman:
Sumber Cuteness
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com