Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 01/06/2022, 07:13 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Lidah buaya adalah salah satu tanaman yang mudah dirawat. Tanaman lidah buaya membutuhkan tiga persyaratan penting agar dapat hidup dan tumbuh dengan baik, yakni air, sinar matahari, dan tanah yang menyerap air dengan baik.

Dilansir Garden Guides, Rabu (1/6/2022), karena kebutuhannya sangat sedikit, dan sebagian besar tahan penyakit dan hama, mudah untuk menentukan sumber masalah apa pun yang mungkin terjadi pada tanaman lidah buaya.

Salah satu masalah yang sering terjadi adalah tanaman lidah buaya menguning.

Baca juga: Panduan Cara Menanam dan Merawat Lidah Buaya di Rumah

Ilustrasi tanaman lidah buaya jenis Aloe brevifolia.PIXABAY/ABEL DOMINGUEZ Ilustrasi tanaman lidah buaya jenis Aloe brevifolia.

Jika lidah buaya menguning, berarti Anda tidak menyiraminya dengan benar. Atasi masalah dengan mengikuti jadwal menyiram tanaman yang ketat untuk menghindari penyiraman lidah buaya yang berlebihan atau kurang.

Setelah disiram dengan benar, warnanya akan kembali ke daun lidah buaya yang normal. Ukur air yang Anda berikan pada lidah buaya dalam pot.

Secara umum, tanaman lidah buaya harus disiram setiap beberapa minggu sekali dengan dua gelas air. Namun demikian, Anda harus menguji tingkat kelembapan tanah setiap minggu untuk mengukur kapan harus menyiram.

Jika beberapa inci bagian atas tanah lembap, tunda penyiraman tanaman selama seminggu lagi dan kemudian periksa lagi.

Baca juga: 6 Manfaat Lidah Buaya untuk Perkebunan hingga Kesehatan

Jika tanah sudah kering sebelum jadwal penyiraman, yang mungkin terjadi jika lidah buaya diletakkan di luar dalam suhu tinggi, jangan menunggu untuk menyiramnya.

Solusi lainnya adalah ganti pot lidah buaya Anda. Lidah buaya paling baik ditanam di pot yang dangkal, dilengkapi dengan lubang drainase dan cukup lebar untuk menampung lebar akarnya.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com