Kompas.com - 29/05/2022, 11:09 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Ada sejumlah faktor yang perlu dipertimbangkan saat memilih seprai seperti warna, ukuran, material, hingga motif. 

Untuk material, seprai katun menjadi salah satu yang paling banyak dicari karena materialnya yang lembut. Akan tetapi, ada seprai lain yang kualitasnya serupa dengan seprai katun, yakni seprai serat bambu

Baca juga: Seprai Katun Vs Serat Bambu, Mana yang Lebih Nyaman Digunakan?

Disadur dari The Spruce, Minggu (29/5/2022), seprai serat katun menawarkan rasa dingin ketika disentuh. 

Seprai serat bambu memiliki usia pemakaian yang cukup lama jika dirawat dengan baik. Salah satu perawatannya adalah proses pencucian yang tepat.

Untuk itu, mencuci seprai serat bambu tidak bisa dilakukan sembarangan. Berikut cara tepat mencuci seprai serat bambu agar tidak rusak dan tahan lama. 

Baca juga: Menjemur Vs Mesin Pengering, Mana Terbaik untuk Mengeringkan Seprai? 

 

Siapkan produk pembersih

Ilustrasi deterjen.SHUTTERSTOCK/NEW AFRICA Ilustrasi deterjen.

Langkah pertama mencuci seprai serta bambu adalah menyiapkan produk pembersih. Untuk mencuci seprai serat bambu, produk yang dibutuhkan hanyalah detergen, air dingin, mesin cuci atau ember besar, pemutih oksigen, dan penghilang noda berbasis enzim. 

Lakukan pembersihan awal

Jika ada noda pada seprai, lakukan pembersihan awal menggunakan penghilang noda berbasis enzim atau beberapa detergen. 

Oleskan pada area yang bernoda, gosok dengan jari atau sikat nilon berbulu halus secara perlahan, diamkan selama 10 menit agar produk pembersih bekerja, dan masukkan ke mesin cuci.

Gunakan pemutih oksigen untuk mencerahkan seprai. Hindari menggunakan pemutih klorin karena dapat melemahkan serat bambu.

Baca juga: 3 Manfaat Menggunakan Seprai Serat Bambu, Baik untuk Kesehatan

Halaman:


Video Pilihan

Sumber The Spruce
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.