Kompas.com - 27/05/2022, 21:26 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Feng shui tidak hanya soal menata ruang untuk mendapatkan energi positif di dalam rumah. Aturan feng shui juga berkaitan dengan membersihkan rumah. 

Ruangan yang bersih dan tertata dapat membuat energi positif mengalir di dalam rumah. Dalam feng shui, ada beberapa zona yang memiliki dampak besar pada keseluruhan energi dan nuansa pada ruangan

Dilansir dari Mind Body Green, Jumat (27/5/2022), berikut beberapa area rumah yang harus selalu dibersihkan menurut feng shui. 

Baca juga: Feng Shui: 6 Tata Letak Furnitur yang Tepat agar Tidur Lebih Nyenyak 

Pintu depan

Ilustrasi teras rumah, ilustasi area pintu masuk rumah.SHUTTERSTOCK / David Papazian Ilustrasi teras rumah, ilustasi area pintu masuk rumah.
Sebuah rumah menarik energinya atau Chi melalui pintu depan. Itu sebabnya area ini merupakan tempat paling penting untuk mendapatkan feng shui positif. 

Semakin bersih, semarak, dan ramah pintu depan, semakin baik kualitas Chi bagi penghuninya. Pastikan juga area tersebut mendapat pencahayaan yang cukup agar teras atau pintu depan tampak menonjol.

Pastikan nomor rumah sangat terlihat dari jalan. Bila Anda tinggal di apartemen, nomor terlihat dari lorong. Perlakukan "Chi" seperti tamu yang sedang mencari jalan ke rumah Anda. 

Baca juga: Feng Shui Larang Ada Cermin di Belakang Sofa, Ini Alasannya 

Area pintu masuk

Dalam feng shui, pintu masuk dan pintu depan disebut sebagai "mulut Chi". Sama dengan  manusia menarik napas melalui lubang hidung dan saluran udara, manusia menerima energi kekuatan hidup melalui mulut Chi—jadi sangat pentingmenjaga kebersihan di area iti. 

Ada tradisi Tiongkok kuno untuk menyapu pintu masuk rumah setiap hari dengan sapu. Bahkan, jika pintu depan rumah terbuka langsung ke ruang tamu dan tidak memiliki pintu masuk yang ditentukan, tetap direkomendasikan untuk menciptakan ruang yang mempertahankan energi pintu serta mencegahnya memasuki rumah terlalu cepat.

Rak buku rendah, karpet area, atau meja konsol bundar dengan bunga di atasnya dapat membantu membentuk area ini.

Pintu masuk memberikan rasa untuk bagian rumah lainnya, jadi pastikan itu mengalir dengan baik dan memberi tamu perasaan ke mana mereka diharapkan pergi. 

Baca juga: 5 Aturan Meletakkan Tempat Tidur Menurut Feng Shui 

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.