Kompas.com - 26/05/2022, 14:55 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com- Tikus bisa datang ke rumah karena mencium bau makanan yang sesuai dengan seleranya. Namun, yang bisa menarik tikus tak hanya makanan sisa di tempat sampah, tanaman yang kamu tanam di kebun atau dalam rumah juga bisa mengundang mereka datang.

Melansir dari Bestlife, Kamis (26/5/2022), setidaknya ada lima jenis tanaman yang membuat tikus tertarik untuk masuk ke rumah.

Sebaiknya kenali kelima jenis tanaman tersebut agar kamu bisa mencegahnya datang dan bersarang di rumah. Berikut ini lima tanaman yang membuat tikus tertarik untuk masuk ke dalam rumah.

Baca juga: Ketahui, Ini 5 Cara Tikus Masuk ke Rumah

Rumput liar

Rumput liar di taman dan kebun memang bisa sangat mengganggu pandangan mata. Namun ternyata tak hanya membuat taman kurang estetik saja, rumput liar juga bisa mengundang tikus datang.

Hal ini karena ada beberapa spesies rumput yang disukai tikus seperti Elymus repens atau rumput sofa. Bahkan menurut penelitian, kebiasaan tikus mengunyah kabel didapat karena ia sering mengunyah rumput dengan batang berbentuk silinder.

Baca juga: 4 Langkah Mudah Menghilangkan Bau Bangkai Tikus di Rumah

Tanaman stroberi

Menanam tanaman stroberi di kebun atau taman mungkin akan membuatmu bahagia bila mereka berbuah. Akan tetapi, tikus juga bahagia dengan buah dari tanaman stroberimu. Sebab, mereka mendapatkan makanan gratis.

Tikus yang hidup liar di alam bebas pada umumnya ialah herbivora. Mereka memakan tanaman dan buah-buahan. Salah satu buah favorit tikus yaitu stroberi. Mereka akan senang memakan stroberi ketika masih belum matang.

Sebaiknya kamu menjaga baik-baik buah stroberi dengan meletakkannya sedikit lebih tinggi dari tanah agar tak kalah saing dengan tikus ketika sedang berbuah.

Baca juga: Kerap Tak Diduga, Begini Cara Tikus Bisa Masuk ke Dalam Rumah

Batang jagung

Ilustrasi jagung, tanaman jagung. PIXABA/JURAJKO Ilustrasi jagung, tanaman jagung.

Batang jagung dan jagung adalah makanan favorit tikus liar. Ini karena tikus suka mengunyah batang tanaman yang silinder. Selain itu, biji jagung yang terasa manis juga membuat tikus bersemangat untuk memakannya.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.