Kompas.com - 25/05/2022, 07:50 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Menitipkan anjing peliharaan ke pet hotel atau tempat penitipan hewan tidak bisa dilakukan sembarangan.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dan dipersiapkan sebelum menitipkan anjing, salah satunya melakukan riset mendalam mengenai pet hotel yang dituju untuk memastikan keamanan dan kesejahteraan hewan peliharaan.

Baca juga: Ini Ketentuan Perawatan Saat Menitipkan Hewan Peliharaan di Pet Hotel

Di samping itu, hewan kesayangan juga perlu disiapkan agar tidak merasa stres selama dititipkan. 

Zulfikar Basrul Gandong, dokter hewan sekaligus Animal Welfare Advisor for Indonesia, Calon Dokter Hewan Karantina Stasiun Karantina Pertanian (SKP) Kelas I Ambon, membagikan sejumlah hal yang perlu dipersiapkan sebelum menitipkan anjing peliharaan ke pet hotel. 

Baca juga: Jangan Menitipkan Hewan Peliharaan Sebelum Berkunjung ke Dokter 

Siapkan kandang

Ilustrasi anjing dan tanaman hias. Shutterstock/Jus_Ol Ilustrasi anjing dan tanaman hias.

Umumnya, pet hotel menawarkan berbagai paket penitipan seperti paket biasa atau khusus. Dalam paket-paket ini, mereka menawarkan jenis makanan, kandang hewan, dan grooming hewan.

Untuk kandang, umumnya pet hotel menyediakan kandang sendiri untuk hewan peliharaan yang hendak dititipkan. Namun, pet hotel tak melarang jika pemilik ingin menggunakan kandang sendiri untuk keamanan dan kenyamanan hewan. 

"Untuk masalah kandang, sebenarnya pemilik hanya menggunakan kandang transfer. Itu saja karena enggak mungkin menggunakan kandang besar, kecuali pemiliknya punya dan mau pakai ya silakan,” kata dosen luar biasa program studi kedokteran hewan fakultas kedokteran Universitas Hasanuddin kepada Kompas.com, Rabu (25/5/2022).

Baca juga: 4 Hal yang Membuat Anjing Senang Berguling-guling di Rumput

Isi dokumen dengan jelas

Zulfikar menjelaskan, biasanya tempat penitipan hewan memberikan dokumen yang perlu diisi konsumen. “Sebelum hewan dititipkan, ada dokumen untuk ditandatangani antara penyedia jasa dan pemilik hewan peliharaan,” tuturnya.

Dalam dokumen ini, pemilik perlu mengisi informasi lengkap seputar hewan peliharaan kepada pet hotel. Mulai dari, kebutuhan hewan yang perlu disediakan pet hotel, makanan dan minuman hewan, kebiasaan sehari-hari, sampai kondisi khusus hewan peliharaan. 

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.