Kompas.com - 23/05/2022, 10:39 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Menjadi peralatan elektronik sekaligus sebuah titik fokus di dalam ruangan, membuat televisi (TV) sering diletakkan di ruang tamu atau ruang keluarga.

Namun, untuk TV bisa bekerja dengan baik dan memperpanjang usianya, dilansir dari Family Handyman, Senin (23/5/2022), ada beberapa hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan pada TV seperti berikut ini.  

Baca juga: 5 Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Meletakkan TV 

Hindari membersihkan TV dengan bahan kimia 

Ilustrasi TV di dinding, menempatkan TV di dinding. SHUTTERSTOCK/EARLY SPRING Ilustrasi TV di dinding, menempatkan TV di dinding.
Banyak pemilik rumah yang ingin membersihkan TV menggunakan produk pembersih bahan kimia. Namun, sebaiknya menghindari melakukannya.

Bahan kimia keras dapat merusak layar TV serta tisu dan bahan abrasif lainnya dapat menggoresnya. Untuk itu, sebaiknya melakukan cara membersihkan layar TV secara tradisonal. 

Pertama, matikan TV sebelum mulai membersihkannya, lalu seka menggunakan lap kering yang bersih.

Jika benar-benar perlu, basahi lap kering serta bersihkan dengan larutan air dan cuka dengan perbandingan yang sama, lalu bersihkan layar TVsecara perlahan. 

Baca juga: Tahan Dulu, Jangan Membeli TV Jika Belum Mengetahui 6 Hal Ini 

Jangan beranggapan bisa menguasai pemasangan 

Memasang TV modern di dinding dapat menghemat penggunaan ruang lantai. Namun, pemasangan yang tepat membutuhkan perhatian cermat terhadap detail dan pemahaman yang baik tentang kesehatan struktural dinding itu.

Untuk itu, hindari pemasangan TV apabila Anda tidak memahami dengan baik struktural dinding. 

Baca juga: 4 Keuntungan Memiliki TV LED, Salah Satunya Hemat Energi

Perhatikan dudukan TV

Ilustrasi TV, smart TVUnsplash/Marques Kaspbrak Ilustrasi TV, smart TV
Jika tidak ingin memasang TV pada dinding, letakkan pada dudukan TV yang kokoh dan ukuran yang sesuai. 

Sebagai keamanan ekstra, belilah tali pengaman yang akan menambatkan TV ke dinding atau memasang TV ke dinding sehingga Anda tidak perlu khawatir TV akan terjatuh. 

Sembunyikan kabel TV 

Menghubungkan TV dengan benar adalah langkah pertama yang penting dilakukan. Setelah itu, sembunyikan kabel TV ke belakang furnitur untuk memberi tampilan yang rapi dan tertata. 

Baca juga: 8 Ide Dekorasi Ruang TV Sempit di Rumah agar Nyaman 

Hindari meletakkan barang terlalu banyak di samping TV

Menempatkan playstation, Apple TV, atau pemutar Blu-ray Anda (jika Anda masih memilikinya) di dudukan atau kabinet TV tertutup akan membatasi aliran udara ke perangkat sehingga meningkatkan suhu dan memperpendek usia pemakaian TV. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.