Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 22/05/2022, 18:47 WIB
Nabilla Ramadhian,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber The Spruce

JAKARTA, KOMPAS.comPindah rumah menjadi kegiatan yang cukup melelahkan karena harus mengemas barang-barang, memastikan semuanya berjalan lancar, dan tidak ada barang-barang yang rusak selama proses. 

Karena itu, berbagai cara pun dilakukan sebelum proses pindah rumah berlangsung. Mulai dari, menyortir barang yang akan dibawa, mengemas barang-barang dengan rapi, hingga memutuskan transportasi yang akan digunakan untuk memudahkan pengangkutan barang atau tidak.

Baca juga: 4 Ide Kegiatan untuk Dilakukan Setelah Pindah ke Rumah Baru

Proses mengepak barang-barang pun harus dilakukan secara hati-hati, terlebih untuk barang pecah belah seperti gelas kaca, agar tidak pecah, retak, dan aman sampai di rumah baru. 

Disadur dari The Spruce, Minggu (22/5/2022), berikut cara aman mengemas gelas kaca saat pindah rumah. 

Siapkan kotak yang aman

Ilustrasi mengemas barang, ilustrasi membungkus gelas kaca.SHUTTERSTOCK / Dario Lo Presti Ilustrasi mengemas barang, ilustrasi membungkus gelas kaca.

Sebelum mulai mengepak gelas, carilah kotak yang mumpuni. Pastikan bagian bawahnya tertutup rapat agar gelas kaca tidak jatuh dan pecah.

Selanjutnya, pilih bantalan pelindung untuk meminimalkan benturan gelas selama berada di dalam kotak. 

Kamu dapat menggunakan koran sebagai bantalan pelindung, tapi ini mungkin dapat menodai permukaan gelas sehingga perlu membersihkannya secara menyeluruh sebelum digunakan. 

Baca juga: 3 Kesalahan yang Sering Dilakukan Orang Saat Menggunakan Jasa Arsitek

Pilih gelas dengan ukuran dan bentuk yang sama

Kamu mungkin memiliki gelas, cangkir, dan mug dengan ukuran dan bentuk berbeda. Sortir gelas dengan ukuran yang sama dan bentuk yang sama jika memungkinkan untuk memudahkan prose pengepakan.

Apabila memiliki gelas plastik, ini memiliki keuntungan tersendiri. Gelas plastik bisa dimanfaatkan untuk memberi perlindungan ekstra terhadap goncangan pada gelas kaca. Kamu cukup memasukkan gelas kaca ke gelas plastik yang ukurannya lebih besar.

Baca juga: 6 Tips Membongkar Barang Secara Efisien Saat Pindah ke Rumah Baru

Bungkus gelas kaca

Ilustrasi mengemas barang, ilustrasi membungkus gelas kaca.SHUTTERSTOCK / Ninelro Ilustrasi mengemas barang, ilustrasi membungkus gelas kaca.

Ambil gelas pertama untuk diletakkan di salah satu sudut koran yang dibentangkan. Bungkus dua lembar kertas di sekitar gelas. Pastikan  melapisi bagian dalam gelas dengan menyelipkan ujung koran di dalamnya.

Selanjutnya, bungkus kembali gelas kaca dengan bubble wrap. Kencangkan pembungkus ini dengan selotip agar tidak mudah lepas. 

Baca juga: Mudah, Cara Menyemai Benih Cabai Pakai Gelas Plastik

Taruh gelas ke dalam boks

Setelah semua gelas kaca dibungkus dengan rapi, masukkan ke kotak yang telah disiapkan. Jika kotaknya memiliki pembagi, masukkan setiap gelas ke masing-masing kotak. 

Namun, sebelum itu, lapisi setiap ruang kecil yang tersedia dengan sedikit bahan kemasan seperti koran atau linen untuk membantu memastikan gelas tidak bergerak di tempatnya dan mencegah terlalu banyak gesekan selama proses pemindahan. 

Baca juga: Gelas Bau Tak Sedap Setelah Dicuci? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Jika tidak memiliki pembagi, letakkan gelas dengan cara dibariskan. Gunakan lebih banyak koran atau bubble wrap di antara gelas untuk membantu mencegah kerusakan.

Setelah semua gelas kaca dimasukkan ke boks, tambahkan pembungkus ekstra atau bubble wrap di atas gelas. Tutup boks dengan jumlah selotip yang sesuai dan taruh label yang menandakan bahwa kotak ini berisi barang mudah pecah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber The Spruce
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com