Kompas.com - 22/05/2022, 18:47 WIB

JAKARTA, KOMPAS.comPindah rumah menjadi kegiatan yang cukup melelahkan karena harus mengemas barang-barang, memastikan semuanya berjalan lancar, dan tidak ada barang-barang yang rusak selama proses. 

Karena itu, berbagai cara pun dilakukan sebelum proses pindah rumah berlangsung. Mulai dari, menyortir barang yang akan dibawa, mengemas barang-barang dengan rapi, hingga memutuskan transportasi yang akan digunakan untuk memudahkan pengangkutan barang atau tidak.

Baca juga: 4 Ide Kegiatan untuk Dilakukan Setelah Pindah ke Rumah Baru

Proses mengepak barang-barang pun harus dilakukan secara hati-hati, terlebih untuk barang pecah belah seperti gelas kaca, agar tidak pecah, retak, dan aman sampai di rumah baru. 

Disadur dari The Spruce, Minggu (22/5/2022), berikut cara aman mengemas gelas kaca saat pindah rumah. 

Siapkan kotak yang aman

Ilustrasi mengemas barang, ilustrasi membungkus gelas kaca.SHUTTERSTOCK / Dario Lo Presti Ilustrasi mengemas barang, ilustrasi membungkus gelas kaca.

Sebelum mulai mengepak gelas, carilah kotak yang mumpuni. Pastikan bagian bawahnya tertutup rapat agar gelas kaca tidak jatuh dan pecah.

Selanjutnya, pilih bantalan pelindung untuk meminimalkan benturan gelas selama berada di dalam kotak. 

Kamu dapat menggunakan koran sebagai bantalan pelindung, tapi ini mungkin dapat menodai permukaan gelas sehingga perlu membersihkannya secara menyeluruh sebelum digunakan. 

Baca juga: 3 Kesalahan yang Sering Dilakukan Orang Saat Menggunakan Jasa Arsitek

Pilih gelas dengan ukuran dan bentuk yang sama

Kamu mungkin memiliki gelas, cangkir, dan mug dengan ukuran dan bentuk berbeda. Sortir gelas dengan ukuran yang sama dan bentuk yang sama jika memungkinkan untuk memudahkan prose pengepakan.

Apabila memiliki gelas plastik, ini memiliki keuntungan tersendiri. Gelas plastik bisa dimanfaatkan untuk memberi perlindungan ekstra terhadap goncangan pada gelas kaca. Kamu cukup memasukkan gelas kaca ke gelas plastik yang ukurannya lebih besar.

Baca juga: 6 Tips Membongkar Barang Secara Efisien Saat Pindah ke Rumah Baru

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Sumber The Spruce
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.