Kompas.com - 21/05/2022, 07:14 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Perlengkapan plastik baru, seperti botol minum atau wadah penyimpanan, terkadang berbau tak sedap. Sementara bau akan hilang dengan sendirinya, mungkin tidak menyenangkan menahan bau plastik sampai hilang.

Daripada menunggu, Anda dapat mempercepat prosesnya dengan menggunakan beberapa teknik pembersihan yang dilansir Hunker, Sabtu (21/5/2022). 

1. Cuci
Ilustrasi botol minum plastik. PEXELS/ALEX AZABACHE Ilustrasi botol minum plastik.

Baik itu wadah plastik baru atau mainan plastik yang berbau kuat dengan plastik, bilas barang plastik tersebut, kemudian cuci dengan sabun cuci piring ringan dan air.

Baca juga: Dampak Buruk Menyimpan Pakaian Menggunakan Plastik Laundry

Untuk menghilangkan bau plastik dari wadah penyimpanan, gunakan serbet untuk mengelap bagian dalam dan luar.

Jika tidak dapat menjangkau dengan kain di dalam benda sempit seperti botol air, isi setengahnya dengan air sabun, letakkan tutupnya, atau letakkan tangan di atasnya dan kocok kuat-kuat selama satu atau dua saat.

Bilas air sabun, lalu biarkan mengering di udara. Jika barang masih sedikit berbau, isi sebagian dengan cuka putih dan biarkan cuka selama beberapa menit atau bahkan semalaman.

Buang cuka dan bilas plastik lagi, biarkan mengering.

Baca juga: IKEA Indonesia Luncurkan KÅSEBERGA, Tas Serbaguna dari Sampah Plastik

2. Letakkan di luar ruangan

Bau tidak selalu langsung hilang, terutama saat berhadapan dengan plastik baru. Untuk itu, keluarkan atau jemur barang plasti di luar ruangan, jika memiliki mereka memiliki penutup, lepaskan penutupnya dan letakkan juga di luar.

Udara segar dan sinar matahari pada hari yang tidak lembap membantu menghilangkan beberapa bau plastik yang melekat, sementara waktu menghilangkan sisanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Sumber Hunker
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.