Kompas.com - 20/05/2022, 19:53 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Menjadi peralatan elektronik utama di rumah yang berfungsi mencuci pakaian membuat mesin cuci harus mendapat perawatan dengan baik. 

Sebab, mesin cuci yang tidak mendapat perawatan dengan baik dapat membuatnya tidak bekerja optimal dan mengharuskan Anda mengeluarkan uang lebih untuk perbaikan yang mahal. 

Baca juga: 4 Tips Menghemat Air Saat Menggunakan Mesin Cuci

Sebaliknya, merawat mesin cuci dan pengering dengan baik dapat memperpanjang usia pemakaiannya. Dengan demikian, membuat Anda dapat menghemat uang untuk melakukan perbaikan rutin serta menunda membeli peralatan baru selama mungkin. 

Selain itu, mencegah rumah dari berbagai risiko buruk seperti korsleting listrik dan kebakaran

Dilansir dari American Home Shield, Jumat (20/5/2022), berikut perawatan yang perlu dilakukan mesin cuci agar tetap bekerja optimal dan tahan lama. 

Baca juga: Perbedaan Mesin Cuci Front Loading dan Top Loading, Mana yang Terbaik? 

Perawatan sebelum dan setelah penggunaan

Ilustrasi mesin cuci, ilustrasi mencuci bantal dengan mesin cuci. SHUTTERSTOCK/PIXEL-SHOT Ilustrasi mesin cuci, ilustrasi mencuci bantal dengan mesin cuci.
Menghindari perbaikan mesin cuci dan pengering dapat dilakukan dengan merawat mesin dengan baik sebelum dan sesudah digunakan.

Bersihkan perangkap serat pengering sebelum atau sesudah digunakan untuk menjaga efisiensi serta mencegah kebakaran rumah.

Baca juga: Mesin Cuci Bukaan Atas Vs Bukan Bawah, Mana yang Lebih Hemat Air?

Jika memiliki mesin cuci bukaan depan, keringkan gasket pintu itu setelah digunakan. Untuk mesin cuci bukaan atas, biarkan tutupnya terbuka guna membantu mengeringkan dan mengeluarkan udara dari dalam serta mencegah pertumbuhan jamur.

Untuk mencegah pembentukan jamur dan lumut pada mesin cuci, segera keluarkan pakaian basah sehabis mencucinya. 

Selain itu, gnakan detergen yang tepat untuk mesin cuci. Misalnya, untuk mesin cuci dengan efisiensi tinggi, gunakan juga detergen dengan efisiensi tinggi. 

Baca juga: Ini Durasi Waktu yang Dibutuhkan Mesin Cuci untuk Mencuci Pakaian

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.