Kompas.com - 20/05/2022, 10:37 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Sirkulasi udara di rumah merupakan aspek integral dari kesehatan dan kebugaran Anda secara keseluruhan.

Selain mengoptimalkan distribusi suhu panas dan dingin, sirkulasi udara juga berdampak pada kualitas udara, kontrol kelembapan, serta menghilangkan jamur dan alergen.

Baca juga: 4 Cara Meningkatkan Sirkulasi Udara di Rumah 

Meski memberikan banyak manfaat, banyak pemilik rumah yang masih mengabaikan sirkulasi udara di rumah. 

Dikutip dari My Decorative, Jumat (20/5/2022), berikut lima tips meningkatkan sirkulasi udara di rumah untuk menjaga kesehatan dan mengurangi energi. 

 

Berinvestasi dalam pemeliharaan HVAC

Ilustrasi AC atau pendingin udaraShutterstock/Andrey_Popov Ilustrasi AC atau pendingin udara
Banyak pemilik rumah mengambil sikap reaktif terhadap pemeliharaan HVAC daripada sikap proaktif. Padahal, pemeliharaan HVAC atau AC dapat meningkatkan sirkulasi udara, kualitas udara, dan memperpanjang umur AC. 

Memastikan sirkulasi udara yang tepat dimulai dengan pemasangan. Menurut ahli instalasi AC Dallas TX, memilih ukuran AC yang tepat dapat membantu meningkatkan sirkulasi udara dan kualitas udara. 

Baca juga: Cara Meningkatkan Sirkulasi Udara di Kamar Tidur yang Pengap

Sistem yang terlalu besar akan menghasilkan titik panas atau dingin, sementara sistem yang terlalu kecil tidak akan cukup untuk keseimbangan di seluruh rumah.

Menjadwalkan pemeliharaan HVAC musiman untuk AC bisa meningkatkan sirkulasi udara di rumah. Selama kunjungan pemeliharaan, ahli HVAC akan membersihkan filter AC, menghilangkan debu dan kotoran dari blower, dan memastikan semuanya berfungsi dengan baik. 

Baca juga: 5 Pilihan Exhaust Fan untuk Melancarkan Sirkulasi Udara di Rumah 

Bersihkan ventilasi dan saluran udara 

Ilustrasi AC atau pendingin ruangan, pemeliharaan AC. SHUTTERSTOCK/M2020 Ilustrasi AC atau pendingin ruangan, pemeliharaan AC.
Meluangkan waktu membersihkan ventilasi dan saluran udara adalah tips meningkatkan sirkulasi udara dan kualitas udara di rumah.

Jadwalkan waktu setidaknya sebulan sekali untuk menyedot penutup ventilasi dan bagian ventilasi yang terlihat. Pertimbangkan menyewa layanan profesional untuk membersihkan ventilasi setiap setahun sekali. 

Baca juga: 6 Penyebab Polusi Udara Terjadi di Dalam Rumah

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.