Kompas.com - 20/05/2022, 07:47 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kulkas merupakan peralatan elektronik utama di dalam dapur. Sehingga tak hanya fungsinya saja, namun penempatannya di area ini penting diperhatikan.

Dilansir Ideal Home, Jumat (20/5/2022), karena peralatan elektronik ini telah berkembang pesat dalam beberapa tahun terakhir, Anda memiliki lebih banyak fleksibilitas dalam memilih cara menata dapur Anda.

"Dengan memposisikan semua peralatan dalam jarak yang dapat diterapkan satu sama lain memberikan fleksibilitas penuh saat proses memasak," kata Tom Howley, Direktur Desain Tom Howley Kitchens. 

Baca juga: 3 Tips Menjaga Bahan Makanan di Kulkas Tetap Dingin Saat Mati Lampu

Ilustrasi dapur, ilustrasi kulkas French Door, Ilustrasi lantai kayu di dapur.SHUTTERSTOCK / PhotoMavenStock Ilustrasi dapur, ilustrasi kulkas French Door, Ilustrasi lantai kayu di dapur.

"Posisikan peralatan besar Anda seperti kulkas  di dekat ruang makan di dapur Anda," saran Tom.

Ini memungkinkan keluarga dengan mudah mengakses minuman dan makanan ringan sementara tidak menghalangi area memasak utama.

Pertimbangkan juga kepraktisan sehari-hari. Dan yang terbaik adalah untuk meletakkan kulkas di sebelah atau di seberang ruang kerja kosong, sehingga paling baik ditempatkan di sebelah area di mana Anda menyiapkan makanan untuk tidak membatasi pergerakan ketika sedang membuka pintu kulkas. 

Ashleigh Hanwell, Desainer Senior di Second Nature Kitchens sependapat.

Baca juga: 4 Tips Menyimpan Ayam di Kulkas agar Awet hingga 2 Bulan

"Saran saya adalah untuk meletakkan kulkas di lokasi yang mudah diakses. Juga dekat dengan ruang permukaan kerja untuk memastikan pembongkaran tas belanja akan cepat dan juga memberikan ruang pengaturan saat mengumpulkan barang-barang untuk mempersiapkan memasak," terang dia. 

Bisakah meletakkan kulkas di sebelah wastafel dapur? 

Sebagian besar ahli tampaknya setuju bahwa selain memberi diri Anda ruang bernapas, tidak ada alasan mengapa kulkas dan wastafel tidak boleh letakkan secara bersamaan.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber ideal home
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.