Kompas.com - 18/05/2022, 08:21 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketika ingin mendekorasi rumah, warna cat lebih dari sekadar masalah selera pemilik rumah. Faktanya, banyak bukti ilmiah menunjukkan bahwa penggunaan warna dapat berdampak besar pada suasana hati seseorang. 

Dilansir dari Southern Living, Rabu (18/5/2022), adapun penggunaan warna cat dinding untuk menciptakan lingkungan yang paling menyenangkan di dalam rumah.

Dari biru hingga putih, berbagai warna tersebut diklaim dapat memberikan perasaan lebih tenang. Berikut beberapa warna yang dapat membuat rumah terasa lebih menyenangkan. 

Baca juga: 3 Cara Membuat Kamar Tidur Lebih Hidup dengan Warna

Ilustrasi kombinasi warna hijau dan biru di rumah. Kombinasi dua warna ini dianggap menguntungkan menurut feng shui. SHUTTERSTOCK/PHOTOGRAPHEE.EU Ilustrasi kombinasi warna hijau dan biru di rumah. Kombinasi dua warna ini dianggap menguntungkan menurut feng shui.

1. Hijau

Hijau merupakan warna tanaman dan alam, melambangkan pertumbuhan dan kehidupan.

Nuansa hijau bekerja paling baik di area yang membutuhkan konsentrasi yang lebih tenang dan lebih luas, seperti kamar tidur, kantor, atau perpustakaan.

Allie Wilmoth, seorang desainer interior perumahan di Wake Forest, Carolina Utara, yang mengkhususkan diri dalam pemilihan warna, mengatakan bahwa hijau adalah pilihan yang bagus untuk penduduk kota yang merindukan alam bebas.

"Jika penghuni apartemen kota mencari nuansa alami dalam ruang mereka, saya sangat merekomendasikan skema warna yang sejuk," katanya.

Baca juga: Cara Mengembalikan Warna Tas Kulit yang Memudar Kembali Baru

Memanfaatkan warna hijau dan biru dan mengoordinasikan warna netral abu-abu akan membantu ruang kecil terasa lebih besar, dan analogi skema warna biru dan hijau menciptakan nuansa alam yang harmonis.

2. Biru 

Secara psikologis, biru dikaitkan dengan ketenangan dan kepuasan. Biru tua dianggap sebagai warna optimal untuk memperlambat tubuh dan pikiran untuk memungkinkan relaksasi dan pemulihan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.