Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Simak, Ini 5 Cara Memilih Kanopi Jendela yang Tepat untuk Rumah

Kompas.com - 16/05/2022, 20:38 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Jendela menjadi salah satu fitur penting dari setiap hunian, baik rumah maupun apartemen. Jendela berfungsi sebagai sirkulasi udara untuk membiarkan udara segar dan cahaya alami masuk ke rumah. 

Namun, ada beberapa pemilik rumah yang menambahkan naungan atau kanopi pada jendelanya.

Baca juga: 6 Tips agar Ruangan Tertutup dan Tanpa Jendela Terasa Lebih Sejuk

Kanopi ini tidak hanya berfungsi melindungi kusen jendela terkena paparan sinar matahari maupun air hujan secara langsung serta alasan keamanan, tetapi juga membantu meningkatkan estetika rumah.

Namun, lantaran banyaknya jenis dan model kanopi jendela di pasaran, sering kali membingungkan pemilik rumah memilih yang paling tepat.  

Untuk membantu Anda, berikut lima tips memilih kanopi jendela yang tepat untuk rumah dikutip dari My Decorative, Senin (16/5/2022). 

Baca juga: 6 Kelebihan Memasang Jendela PVC di Rumah

Ukur jendela 

Ilustrasi kanopi jendela.Shutterstock/Ratchat Ilustrasi kanopi jendela.
Hal pertama yang perlu dilakukan adalah mencari tahu ukuran jendela yang dibutuhkan. Apakah jendela besar atau kecil? Itu akan menentukan ukuran kanopi yang akan menutupi jendela.

Kebanyakan orang membuat kesalahan dengan berasumsi bahwa semua ukuran kanopi jendela adalah sama. Padahal, ukuran setiap kanopi jendela berbeda dan itu dapat menyebabkan malfungsi serta celah pada kemudian hari.

Jadi, untuk memastikan bahwa tidak menghadapi tantangan seperti itu, Anda harus mendapatkan pengukuran yang akurat sebelumnya. Dengan begitu, Anda tidak perlu membuang waktu atau uang Anda. 

Baca juga: 3 Tips Memilih Posisi Jendela Rumah untuk Sirkulasi Udara yang Baik 

Perbaiki anggaran 

Selanjutnya, pikirkan mengenai anggaran yang dibutuhkan untuk membuat kanopi jendela. Ketika disajikan dengan ratusan opsi cantik dan fitur mewah, sangat mudah untuk terombang-ambing.

Karena itu, miliki anggaran tetap sebelumnya memastikan bahwa Anda tidak mengeluarkan uang terlalu banyak. Dengan cara ini, Anda juga dapat memastikan mendapatkan semua fitur penting yang diinginkan tanpa menghabiskan banyak uang. 

Pertimbangkan beberapa aspek seperti fitur keamanan, palet warna tertentu, dan jenis nuansa seperti nuansa jendela Rollac. Ini dapat membantu Anda menetapkan anggaran yang tepat. 

Baca juga: 3 Trik Mendekorasi Kamar Mandi Tanpa Jendela  

Uji kualitas kanopi jendela sebelum membeli 

Ilustrasi kanopi jendela.Shutterstock/Ratchat Ilustrasi kanopi jendela.
Sebelum membeli kanopi jendela, uji terlebih dulu kualitasnya. Kanopi jendela bukan hanya tentang penampilan. Anda tentu menginginkan nuansa yang kuat, tahan lama, dan mampu melindungi.

Cobalah mengunjungi berbagai toko kanopi jendela online dan melihat-lihat berbagai fitur yang ditawarkan. Ini akan memberi Anda gambaran jelas tentang kualitas kanopi jendela. Jangan lupa memeriksa ulasan pelanggan untuk ekstra hati-hati. 

Baca juga: 7 Manfaat Membuka Jendela Rumah Setiap Hari, Turunkan Risiko Sakit  

Tentukan jenis kanopi jendela 

Ini adalah tugas menantang. Seperti disebutkan sebelumnya, memilih jenis kanopi jendela sangat tergantung pada anggaran yang dimiliki.

Pilih jenis kanopi jendela yang sesuai dengan estetika ruangan. Misalnya, apakah Anda ingin kanopi jendela tradisional atau tirai surya yang lebih modern untuk jendela? 

Baca juga: 6 Tanaman Hias yang Tumbuh Subur di Jendela yang Menghadap ke Utara

Cari tahu reputasi produsen

Terakhir, luangkan waktu untuk mencari tahu lebih banyak tentang reputasi produsen kanopi jendela. Anda dapat melihat melalui ulasan online di Google, Yelp, atau akun media sosial mereka seperti Facebook dan Instagram.

Jangan lupa membaca ulasan dari pembeli sebelumnya untuk memberi tahu Anda apakah produsen memberikan produk berkualitas dan memenuhi keinginan pembeli. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com