Kompas.com - 15/05/2022, 19:18 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com- Memiliki stok ikan yang banyak di dalam kulkas tentu akan memudahkan urusan di dapur saat pagi hari.

Sayangnya, menyimpan ikan dalam jumlah banyak perlu sedikit trik agar ikan tetap segar dan tahan lama hingga satu bulan.

Sebab, bila kamu langsung menyimpannya begitu saja di kulkas setelah membeli, ikan akan berbau busuk atau bacin bila disimpan terlalu lama. Sehingga akan percuma karena ikan tak enak lagi untuk dimasak.

Namun, melansir dari channel YouTube Dapur Diana, Minggu (15/5/2022) berikut ada lima tips yang bisa kamu gunakan untuk menyimpan ikan di dalam kulkas agar bisa awet dan tahan hingga satu bulan.

Baca juga: Dampak Buruk Menyimpan Pakaian Menggunakan Plastik Laundry

Bersihkan ikan dengan segera

Setelah membeli ikan meski belum mau dimasak saat itu juga, kamu tetap perlu untuk membersihkannya dengan segera. Hal ini agar bakteri atau kuman yang menempel di tubuh ikan segera hilang.

Dengan begitu ikan terjaga kebersihannya dan tak akan menimbulkan bau saat disimpan ke dalam kulkas meski dalam waktu yang lama.

Baca juga: 4 Tips Menyimpan Minyak Zaitun agar Tahan Lama dan Tidak Bau Tengik

Buang sirip, ekor, sisik, insang ikan

Bersihkan ikan dengan benar. Pertama, buang bagian sirip dan ekor agar tak mengenai tangan sebelum membersihkan ikan. Lalu kikis sisik pada ikan.

Selanjutnya buang insang pada ikan. Sebab, insang ikan biasanya menyimpan banyak kotoran sehingga menyebabkan ikan berbau tak sedap.

Baca juga: 5 Cara Tepat Menyimpan Garam agar Tidak Menggumpal

Ambil semua isi perut ikan

Langkah ketiga adalah membelah perut ikan lalu mengambil semua isinya. Setelah isi ikan sudah kamu ambil, bersihkan perut ikan dengan air sampai darahnya menghilang.

Membersihkan bagian perut ikan juga berguna agar saat disimpan di kulkas dalam waktu yang lama ikan tak berbau busuk akibat dari kotoran ikan yang tersimpan terlalu lama di dalam perutnya.

Baca juga: Tips Menyimpan Daun Bawang yang Tepat agar Tahan Lama

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.