Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Menyimpan Tomat di Suhu Ruang dan Kulkas agar Tetap Segar

Kompas.com - 15/05/2022, 17:34 WIB
Lolita Valda Claudia

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com- Buah tomat tak hanya digunakan dalam masakan namun juga bisa dikonsumsi sebagai jus. Buah berwarna merah ini kaya akan vitamin, kandungan air yang cukup banyak juga membuat rasa buah ini cukup segar.

Namun jika kamu suka menyimpan banyak buah tomat di rumah, kamu mungkin menyadari jika kesegarannya cepat sekali hilang. Penyimpanan buah tomat yang tidak tepat membuat permukaannya keriput dan mulai berjamur.

Baca juga: Cara Membersihkan Loyang Kue Pakai Cuka dan Saus Tomat

Melansir dari kanal Youtube Dapur Leony, Minggu (15/5/2022), ada 2 cara menyimpan buah tomat yang cukup populer yaitu di suhu ruang dan di dalam lemari es.

Manakah dari kedua cara ini yang efektif membuat tomat tahan lama? Berikut ini penjelasannya dan tips menyimpan buah tomat.

Baca juga: 5 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Menanam Tomat di Pot

Menyimpan tomat di suhu ruang

Saat membeli tomat sebaiknya pilih tomat dengan batang hijau yang masih menempel. Namun jika kamu tidak menemukan tomat dengan batang, kamu bisa menutup ujung buah tomat yang sudah dikupas batangnya dengan isolasi.

Cara ini dapat memperlambat proses penuaan buah tomat. Cara ini efektif jika kamu tidak memiliki lemari es.

Namun jika kamu memiliki lemari es akan lebih baik jika menyimpan tomat di dalam suhu dingin karena tentunya lebih awet dan tidak kisut.

Baca juga: 5 Penyebab dan Cara Mengatasi Tanaman Tomat Layu hingga Mati

Menyimpan tomat di dalam lemari es

Cara terbaik untuk menyimpan tomat adalah di dalam lemari es. Taruh tomat di dalam wadah kedap udara lalu simpan di dalam lemari es.

Dibandingkan dengan tomat yang disimpan di suhu ruang, tomat yang disimpan di lemari es lebih segar dan dapat bertahan hingga 2 minggu.

Agar tomat tidak busuk, lap permukaan tomat sebelum dimasukkan ke dalam wadah. Kulit tomat yang basah dapat mempercepat tumbuhnya jamur dan membuat tomat lebih cepat busuk.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com