Kompas.com - 10/05/2022, 11:30 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Memiliki hewan peliharaan bisa sangat baik untuk kesehatan fisik dan mental seseorang.

Namun, memiliki hewan peliharaan tampak merusak keuangan jika mereka sakit atau menjalani pemeriksaan rutin ke dokter hewan.

Untuk membantu mengurangi pengeluaran ke dokter hewan, terdapat beberapa kiat jangka pendek dan jangka panjang yang perlu dilakukan.

Baca juga: Ragam Hal yang Mengharuskan Kucing Perlu Dibawa ke Dokter Hewan

Dilansir dari Asia One, Selasa (10/5/2022), berikut ini adalah cara untuk membantumu mengurangi tagihan biaya dokter hewan.

Ilustrasi kucing makan, memberi makan kucing.UNSPLASH/LAURA CHOUETTE Ilustrasi kucing makan, memberi makan kucing.
Pencegahan adalah kuncinya: perkuat gaya hidup sehat

Untuk menghindari tagihan biaya dokter hewan yang tinggi, terapkan kebiasaan kebersihan yang baik untuk hewan peliharaanmu sejak dini.

Misalnya, menyikat gigi hewan peliharaanmu dan merawatnya sendiri dapat membuatmu hemat, serta mencegah kunjungan ke dokter hewan untuk permasalahan gigi.

Untuk merawat hewan peliharaanmu sendiri, kamu dapat membeli perlengkapan perawatan hewan peliharaan secara online, seperti sikat gigi, sisir bulu, gunting kuku hewan, dan sebagainya.

Selain estetika eksternal, pertahankan berat badan hewan peliharaanmu dengan memberi mereka makanan bergizi yang berkualitas.

Baca juga: Waktu dan Prosedur Membersihkan Gigi Anjing Peliharaan ke Dokter Hewan

Meskipun membeli makanan bergizi yang berkualitas tampak mahal, itu membuat hewan peliharaan memiliki kasus masalah jantung yang lebih rendah, peningkatan energi, penglihatan yang lebih sehat, dan bulu lebih berkilau.

Bicaralah dengan dokter hewan tentang resep generik

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.