Kompas.com - 19/04/2022, 17:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Ada banyak gaya desain interior yang digandrungi pemilik rumah atau pencinta interior, di antaranya tradisional, modern, eklektik, kontemporer, minimalis, Japanese, Skandinavia, Bohemian, hingga Art Deco

Setiap desain tersebut memiliki keunikannya tersendiri. Di Indonesia sendiri, ada beberapa gaya desain interior yang tidak asing terlihat seperti modern, tradisional, dan minimalis.

Baca juga: Tips Menghadirkan Interior Khas Art Deco ke Dalam Rumah

Mima Anisakusuma, pemilik akun Instagram @homuliving dan founder Artsy Living & Style, mengatakan, tren desain interior 2022 di Indonesia cukup unik jika dilihat dari beberapa gaya yang marak diusung masyarakat.

“Ada perkembangan dekorasi rumah di Indonesia, jadi lebih terbuka dengan tema-tema rumah yang mungkin ke arah tematik,” katanya dalam pertemuan media secara virtual bertajuk “Virtual Media Briefing: Maximizing Your Tiny House into a Bigger Space” bersama in-Lite, Senin (18/4/2022).

Baca juga: Ingin Mendekorasi Rumah Kecil? Pilih Furnitur Bergaya Japandi

Ilustrasi kamar tidur bergaya MediteraniaUnsplash/Spacejoy Ilustrasi kamar tidur bergaya Mediterania
Ia melanjutkan, untuk tren desain interior di rumah-rumah kecil, gaya Japanese dan Japandi (Japanese-Skandinavia) masih menjadi primadona.

“Klien banyak yang masih menyukai konsep ini karena memang suasananya lebih ke arah cerah dan lega. Cuma kalau tren secara global, lagi banyak yang ke arah Mediterania,” ungkap Mima.

Baca juga: 7 Ide Dekorasi Kamar Tidur Bergaya Mediterania 

Mediterania mulai memasuki Indonesia

Mima menuturkan konsep Mediterania mulai memasuki pasar Indonesia. Adapun desain interior ini cukup berbeda dengan Japandi dan Japanese.

Jika Japandi dan Japanese lebih banyak menggunakan warna putih dan coklat, Mediterania justru lebih menggunakan warna off-white, beige, dan warna pasir.

“Sekarang beberapa sudah berani ke konsep Mediterania dan ke warna-warna itu. Biasanya, konsep ini digabung dengan yang sifatnya eklektik, ada unsur vintage atau warna gold brass," ujar Mima.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.