Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Ide Desain Balkon Estetis yang Bisa Menjadi Inspirasi

Kompas.com - 19/04/2022, 07:15 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Balkon bisa disebut sebagai "pahlawan" rumah tanpa tanda jasa. Ini adalah ruang multi-fungsi yang berada di luar ruangan

Balkon tidak hanya digunakan untuk duduk santai dan menikmati secangkir kopi atau teh, tapi juga tempat berkumpul, melakukan beberapa peregangan yoga, hingga berkebun

Baca juga: 5 Tips Mendesain Balkon yang Aman dan Terlindungi Air Hujan

Bahkan, di apartemen perkotaan, balkon dapat diubah menjadi perpanjangan dari ruang tamu sehingga memungkinkan Anda mendapatkan hasil maksimal dari luas ruangan yang terbatas.

Karena itu, balkon rumah perlu didesain semenarik mungkin demi memperoleh manfaat tersebut.

Nah, dikutip dari Architectural Digest India, Selasa (19/4/2022), berikut ini lima ide desain balkon estetis yang bisa menjadi inspirasi. 

Baca juga: 5 Jenis Penutup Balkon untuk Melindungi dari Panas dan Hujan 

Balkon yang dibuat untuk menikmati matahari terbenam

Ilustrasi balkon rumahUnsplash/Francesca Tosolini Ilustrasi balkon rumah
Apartemen Kochi menawarkan tampilan yang didesain dengan pemandangan yang rimbun dan diterangi matahari.

"Balkon memiliki ukuran yang sama dengan interior, sebuah bukti sifat rumah yang tampak sama baik ke dalam maupun ke luar,” kata Avinash Joshy dari Studio Nirvana.

Dek kayu yang dilindungi oleh tenda, pencahayaan halus, dan banyak tanaman hijau menjadikannya tempat sempurna untuk menikmati makan siang pada weekend atau menjamu tamu untuk menikmati matahari terbenam. 

Baca juga: 8 Ide Mendekorasi Balkon yang Nyaman dan Menyenangkan

Balkon cantik yang dirancang untuk bersantap di udara terbuka

Dalam desain ini, balkon memiliki tampilan yang chic dan multifungsi serta tersedia ayunan. 

“Meja dan bangku dalam desain ini berfungsi ganda sebagai ruang makan yang sering digunakan pasangan untuk makan di luar ruangan, memanfaatkan cuaca yang indah sepanjang tahun,” imbuh desainer interior Jannat Vasi. 

Baca juga: 5 Cara Mendesain Balkon Kecil Menjadi Taman Hijau yang Asri

Balkon yang membingkai pemandangan menakjubkan

Ilustrasi balkon rumah. Shutterstock/dadao Ilustrasi balkon rumah.
Pemandangan menakjubkan dalam desain balkon ini adalah laut yang luas. Di beberapa rumah tepi pantai, banyak pemilih yang mendesain balkon keluar dari ruang tamu dan membingkai pemandangan laut yang spektakuler.

Selain itu, balkon juga didekorasi minimalis, tetapi tetap elegan dengan lantai kayu dan marmer dan ayunan khusus sehingga memastikan laut tetap menjadi bintang pertunjukan. 

Baca juga: 8 Tips Feng Shui Balkon untuk Mendatangkan Kekayaan dan Keberuntungan

Balkon berpadu dengan perkembangan tropis

The Pinewood Studio mendesain balkon dari rumah aktor Tollywood di Hyderabad di Jubilee Hills dengan memadukan bentuk dan fungsionalitas.

Menonjol sebagai struktur seperti gelombang di balkon selatan dan pergola (jalan untuk pejalan kaki) yang terbuat dari baja ringan menampilkan nama dari setiap film yang telah dilakoni sang aktor.

Di sudut balkon, tersedia tempat duduk, yang juga mengikuti pola berliku-liku yang serupa, dan dengan cerdik ditempatkan tepat di luar ruang lounge rumah.

“Ini memberi keluarga pilihan untuk menyelenggarakan pesta pemutaran film untuk para tamu. Saat jendela dibuka, bangku beton bergaya monolitik ditempatkan secara strategis untuk melihat langsung ke layar,” ungkap Tollywood. 

Baca juga: 6 Cara Mendekorasi Balkon agar Tampak Cantik dan Nyaman

Balkon perdesaan yang terasa seperti taman pribadi

Ide desain balkon perdesaan memiliki bangku semen yang dibingkai oleh tanaman hijau tropis, meja tengah kayu, dan lantai batu serta kayu.

Desain bakon ini tidak hanya memberikan tampilan serta suasana nyaman dan tenang layaknya di perdesaan, tetapi juga taman pribadi yang cantik. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com