Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kapan Harus Mematikan Kulkas saat Tidak Digunakan?

Kompas.com - Diperbarui 31/12/2022, 12:32 WIB
Lolita Valda Claudia

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat akan pergi berlibur, biasanya kamu akan memastikan seluruh peralatan elektronik dirumah dalam keadaan mati.

Namun bagaimana dengan kulkas dan seluruh isinya? Kulkas berisi bahan makanan yang tentunya akan basi dan rusak saat kulkas dalam keadaan mati.

Membiarkan kulkas menyala saat tidak digunakan dalam waktu yang lama tentu akan meningkatkan tagihan listrik di  rumah. Selain itu menyimpan makanan dalam waktu yang lama juga dapat mengurangi kualitas makanan.

Ilustrasi kulkas, lemari es, menyimpan makanan di kulkas. SHUTTERSTOCK/NEW AFRICA Ilustrasi kulkas, lemari es, menyimpan makanan di kulkas.

Melansir dari Zelect, untuk beberapa jenis kulkas, kamu perlu mematikannya serta memastikan isi kulkas kosong dan dalam keadaan bersih.

Baca juga: Koil Kondensor Kulkas Harus Dibersihkan Setiap 6 Bulan, Kenapa?

Kulkas perlu dimatikan saat bepergian lama

Jika kamu memutuskan untuk pergi berlibur dalam waktu yang lama, sekitar 1-6 bulan maka sebaiknya matikan alat elektronik dirumah termasuk kulkas.

Sebelum kamu mematikannya, menaikkan suhu kulkas dan cabut kabel dari stopkontak. Ikuti langkah-langkah dibawah ini agar kulkas tetap awet:

Baca juga: 7 Tips Mengatur Isi Kulkas agar Rapi dan Mencegah Makanan Terbuang

1. Kosongkan seluruh isi kulkas, keluarkan semua bahan makanan dan barang-barang di dalamnya lalu tunggu hingga suhu kulkas menjadi normal.

2. Bersihkan bagian dalam kulkas untuk mencegah aroma tak sedap dan lembab pada kulkas. Jika kamu memiliki beberapa kabinet atau rak di dalam kulkas, keluarkan dan bersihkan dengan sabun cuci piring, baking soda, cuka atau lemon.

3. Jangan lupa untuk membersihkan freezer dan gasket pada pintu kulkas. Jika kamu memiliki kulkas dengan fitur es batu dan air dingin, sebaiknya dikosongkan isinya sebelum dimatikan.

Halaman:


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com