Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ternyata, Ini Manfaat Mengecat Dinding Kamar Tidur dengan Warna Hitam

Kompas.com - 19/02/2022, 08:36 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Hitam sebagai warna cat dinding kamar tidur dinilai sebagai pilihan yang provokatif, apalagi di kamar tidur sempit. Akan tetapi, para ahli warna mengungkapkan, manfaat warna hitam melampaui kualitasnya yang meningkatkan ruang.

Dikutip dari Homes & Gardens, Sabtu (19/2/2022), selain kemampuan untuk membuat kamar tidur kecil tampak lebih besar, psikologi menunjukkan bahwa ide kamar tidur hitam akan membuat Anda merasa lebih membumi dan dapat meningkatkan kualitas tidur.

Akan tetapi, warna hitam ini harus digunakan dengan hati-hati. Sebelum mengecat dinding kamar tidur dengan warna hitam, penting untuk memahami kekuatan warna yang berani ini.

Baca juga: Warna Feng Shui Kamar Tidur Terbaik untuk Ketenangan Anda

Ilustrasi kamar tidur pria. SHUTTERSTOCK/PHOTOGRAPHEE.EU Ilustrasi kamar tidur pria.

"Dalam hal lingkungan tidur, kita ingin (lingkungan itu) menjadi gelap, sejuk, dan tenang, jadi Anda akan berpikir bahwa hitam akan menjadi pilihan yang bagus untuk memperkuat kegelapan dan kesejukan yang membantu kita untuk tidur," kata psikolog dan konsultan kesejahteraan Lee Chambers.

Sementara warna hitam menonjolkan kegelapan yang sejuk, Chambers menjelaskan bahwa warna itu identik dengan kesedihan dan misteri.

Oleh karena itu penting bagi Anda untuk menggunakannya untuk mendapatkan manfaat sambil mencegah adanya kerugian.

"Baik hitam yang lebih hangat dan lebih dingin dapat digunakan untuk efek yang kuat, tetapi memperhatikan pencahayaan dan tekstur di dalam ruangan dapat benar-benar membantu menghilangkan keunggulan dan menciptakan perasaan nyaman dan gaya yang menonjolkan keanggunan," ujar Chambers.

Baca juga: Pilihan Warna Cat yang Dapat Tingkatkan Semangat di Ruang Kerja

Dia memperingatkan bahwa, khususnya di ruangan sempit,Anda harus tetap berhati-hati dengan ide pencahayaan untuk mencegah timbulnya emosi negatif.

Namun, ketika digunakan dengan niat dan pemikiran matang, hitam dapat memiliki efek membumi dan menjadi pilihan yang sangat baik untuk kamar tidur yang bergaya dan fungsional.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com