Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Hal yang Harus Dipertimbangkan Sebelum Mengadopsi Anjing

Kompas.com - 14/02/2022, 15:55 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber Treehugger

JAKARTA, KOMPAS.com - Mengadopsi anjing bisa dibilang menjadi salah satu keputusan penting yang Anda buat, tetapi juga bisa menjadi perubahan hidup yang signifikan.

Pasalnya, Anda tidak hanya menyediakan tempat perlindungan, memberikan kasih sayang, dan memberi makan anjing, tapi juga membutuhkan biaya perawatan, pelatihan, dan kesehatan anjing. Tentu saja, hal ini tidaklah mudah. 

Baca juga: Ingin Mengadopsi Anjing? Perhatikan 5 Hal Ini Dulu

Mengadopsi anjing juga harus memiliki komitmen. Semakin tinggi komitmen, semakin baik proses memeliharanya. Namun, sebelum memutuskan mengadopsi anjing, ada sejumlah hal yang perlu diketahui. 

Dikutip dari Treehugger, Senin (14/2/2022), berikut sejumlah hal yang perlu dipertimbangkan sebelum mengadopsi anjing sehingga memudahkan proses pemeliharaan. 

Baca juga: Catat, 10 Hal Ini Perlu Dilakukan Pemilik Setelah Mengadopsi Anjing 

Biaya dokter hewan

Ilustrasi anjing, mengajak anjing berjalanUnsplash/Brady Wakely Ilustrasi anjing, mengajak anjing berjalan
Jika mengadopsi anjing dari organisasi dengan reputasi baik, mereka akan memberi tahu Anda tentang riwayat dan catatan kesehatan anjing baru. 

Tergantung pada usia anjing, mereka juga telah memandulkan atau mengebiri anjing tersebut. Tanyakan tentang perawatan anjing dan apa yang dibutuhkan seperti vaksinasi atau obat tambahan jika anak anjing memiliki masalah kesehatan berkelanjutan. 

Baca juga: 7 Ras Anjing Ini Penampilan dan Sifatnya Mirip German Shepherd

Jangan ragu menanyakan perkiraan biaya peraawatan kepada tempat adopsi. Biaya perawatan dokter hewan dapat bervariasi berdasarkan lokasi. Organisasi penyelamat hewan akan mengetahui seperti apa harga di daerah Anda serta merekomendasikan dokter hewan. 

Sementara itu, bila mengadopsi anjing di luar organisasi atau orang tertentu, Anda tidak mengetahui riwayat kesehatan sahabat bulu. Anjing bisa saja terlihat sehat, tetapi memiliki masalah kesehatan yang tersembunyi seperti cacingan atau tungau telinga. 

Belum lagi, anjing tidak dimandulkan atau dikebiri. Itu adalah pengeluaran penting dan signifikan yang harus dipertimbangkan. 

Baca juga: 5 Alasan Mengapa Anjing Menekuk Telinganya ke Belakang 

Pelatihan anjing

Ilustrasi anjing, ilustrasi mengajak anjing berjalan atau berolahragaUnsplash/Andriyko Podilnyk Ilustrasi anjing, ilustrasi mengajak anjing berjalan atau berolahraga
Pelatihan anjing bisa menjadi usaha sangat mahal jika menyewa pelatih anjing profesional. Bila memiliki anggaran sangat terbatas, Anda bisa melihat pelatihan anjing di media sosial dan buku. 

Namun, Anda harus pandai membuat komitmen dan rutin melakukannya. Pelatihan anjing bekerja paling baik bila ada banyak konsistensi untuk anjing. 

Baca juga: 4 Tips agar Anjing Peliharaan Tetap Tenang saat Mendengar Suara Bising

Makanan 

Anjing perlu makan dan camilan sebagai motivasi positif saat melatih anjing. Biaya yang dikeluarkan untuk perawatan anjing ini sangat bervariasi, tergantung ukuran anjing, tingkat aktivitas, serta usia anjing. 

Anjing besar memerlukan makan lebih banyak daripada anjing kecil. Begitu pun anjing yang sedang tumbuh membutuhkan lebih banyak makanan daripada anjing tua. 

Pilih makanan anjing yang sesuai dengan budget. Bisa pula memasak makanan anjing sendiri dengan melihat resep di internet. Ini adalah cara mudah memberi makanan anjing berkualitas tinggi dengan biaya rendah.  

Ingat, makanan adalah pengeluaran rutin yang harus dianggarkan dan tidak boleh menjadi kejutan finansial. 

Baca juga: 4 Cara Mencegah Kaki Anjing Peliharaan Mengotori Rumah

Halaman:
Sumber Treehugger
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com